Home / artikel / Guru Harus Melek Teknologi

Guru Harus Melek Teknologi

Zaman sekarang memasuki era revolusi industri 4.0 dan diharapkan agar nantinya para siswa tidak hanya sebagai konsumen teknologi informasi, akan tetapi mereka bisa menjadi pelajar yang produktif. Mereka bisa menghasilkan sendiri produk teknologi mereka. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, tentu harus dilakukan inovasi dalam proses belajar mengajar. Perubahan tersebut dapat dimulai dari kelas.

Guru perlu mengubah cara mereka dalam mengajar, meninggalkan cara lamanya dan fleksibel dalam memahami hal-hal baru. Tugas guru tidak hanya mengajar saja, lebih luas dari itu, sosok guru harus menjadi fasilitator, motivator bahkan inspirator untuk mengembangkan imajinasi, kreativitas, dan pendidikan karakter serta mengajarkan teknologi berbasis digital yang dapat membantu para guru untuk belajar dan mengajar secara kreatif dan efektif. Di era digitalisasi saat ini, proses pembelajaran di kelas harus mengalami evolusi yaitu memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih kreatif, partisipatif, dan menyeluruh.

Hakikatnya teknologi hadir untuk memudahkan pekerjaan manusia, termasuk memudahkan guru dalam mengajar dan melakukan assessment. Guru tidak boleh fobia terhadap perkembangan teknologi. Hal tersebut juga berlaku bagi siswa. Jangan menjauhkan siswa dari teknologi akan tetapi mereka harus diarahkan dengan tepat tentang penggunaan teknologi. Jika siswa di hadapkan dengan buku dan Handphone, dominan dari mereka akan memilih Handphone. Oleh karena itu, guru harus update dan kreatif mencari informasi agar ketertarikan siswa terhadap Handphone bisa menjadi sarana belajar yang efektif, sehingga kecanduan mereka untuk bermain game online dapat terbendung.

Salah satu kiat agar pembelajaran di kelas menjadi fun learning¸ guru dapat menggunakan aplikasi pembelajaran. Begitu banyak aplikasi yang dapat digunakan. Kali ini penulis akan menginfokan beberapa aplikasi pembelajaran kreatif yang telah penulis terapkan dikelas dan disosialisasikan saat menjadi pemateri aplikasi pembelajaran.

1. Kahoot

Kahoot merupakan platform pembelajaran gratis. Bahkan menggunakan aplikasi kahoot dapat menanamkan karakter kolaborasi bagi siswa. Dengan menggunakan kahoot, pembelajaran menjadi menyenangkan.

Kahoot memiliki beberapa fitur, diantaranya game dan kuis. Bahkan jenis soalnya beragam, mulai dari multiple choice, benar atau salah, dan puzzle. Kegiatan game dan kuis dapat dilakukan secara live di kelas, bertim atau individu. Untuk menggunakan aplikasi ini, dapat diakses di alamat web https://kahoot.com .

2. Quizizz

Quizizz sebuah aplikasi game berbasis edukasi. Aplikasi ini dapat digunakan secara individu maupun bersama oranglain. Ribuan soal tertera pada aplikasi ini sehingga tepat untuk dikaitkan dengan materi pembelajaran di kelas. Bahkan guru bebas membuat soal sendiri dengan kondisi siswanya. Selain itu, guru dapat melakukan ujian menggunakan aplikasi ini karena telah tersedia fitur data dan statistik saat siswa menjawab soal dan dapat dikoneksikan ke microsoft excel sehingga memudahkan guru dalam assessment.



Diantara kelebihan aplikasi ini adalah siswa satu dengan lainnya tidak dapat mencontek karena soal yang diberikan kepada siswa satu dengan yang lainnya telah diacak. Untuk menggunakan aplikasi ini dapat diakses di http://quizizz.com

3. Google Form

Google form merupakan salah satu aplikasi gratisan dari Google. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan menjadi aplikasi untuk melakukan tes ujian harian, ujian akhir sekolah, dan forum untuk diskusi. Penggunaan aplikasi ini tentu dapat mengefesienkan waktu bagi guru untuk memeriksa ujian dan yang terpenting guru dapat menghemat kertas.

4. Rumah Belajar

Aplikasi ini dikelola oleh PUSDATIN Kemdikbud. Sebuah portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar dimana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis. Untuk menggunakan aplikasi ini dapat di akses di https://belajar.kemdikbud.go.id/

5. Rumah Juara

Merupakan aplikasi pembelajaran yang sangat menyenangkan dan membantu guru dalam mengajar. Aplikasi ini khusus untuk tingkat Sekolah Dasar. Terdapat beberapa konten menarik di aplikasi Rumah Juara diantaranya adalah buku digital interaktif dari kelas 1-6, kumpulan soal dan pembahasan, multimedia pembelajaran (permainan edukatif, video, dan animasi pembelajaran), perangkat pembelajaran, dan kelas virtual. Aplikasi ini dapat diakses di https://www.rumahjuara.com


6. QR Barcode

Aplikasi ini pada umumnya mirip dengan barcode yang biasa kita temukan. Penulis menggunakan aplikasi ini ketika ingin melatih kreativitas siswa dalam merangkum materi-materi penting dalam sebuah pembelajaran. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk bermain game dengan konsep detektif.

7. Plickers

Aplikasi plickers adalah salah satu aplikasi favorit penulis. Aplikasi ini sangat cocok digunakan ketika melaksanakan ujian atau tes. Mekanisme kerja Plickers adalah menggunakan kartu sebagai kunci jawaban. Setiap siswa memiliki satu kartu yang berbeda-beda. Didalam kartu tersebut telah tersedia kode untuk opsi jawaban A,B,C atau D.

Saat guru menampilkan soal nomor pertama, siswa dapat mengangkat kartu plickers sesuai jawaban yang diyakini benar, kemudian guru menscan kartu tiap siswa menggunakan aplikasi plickers. Setelah selesai menscan, maka hasil kerja siswa untuk nomor soal pertama telah keluar. Metode tersebut dilakukan hingga soal selesai, sehingga pada saat soal terakhir telah dikerjakan, maka semua hasil ulangan siswa telah terinput ke komputer.

Tapi, ada satu kekurangan aplikasi Plickers, hehe. Untuk menggunakan aplikasi ini seorang guru harus mengeluarkan isi dompetnya. Harganya relatif murah dengan segala kemudahan yang disediakan.

Itulah tujuh aplikasi media pembelajaran abad 21 yang bisa penulis ceritakan kepada rekan-rekan guru hebat. Semoga bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam kegiatan mengajar.

Penulis : GZ_Guru Tematik

About GZ

Check Also

lightning and tornado hitting village

Saat Kemarau, Hujan, dan Badai

Dari Anas bin Malik, beliau menceritakan: Ada seorang laki-laki memasuki masjid pada hari Jum’at melalui …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *