Home / berita / Perpustakaan Zaid Bin Tsabit Mengadakan Kegiatan Peduli Sesama KE 12

Perpustakaan Zaid Bin Tsabit Mengadakan Kegiatan Peduli Sesama KE 12

MAKASSAR, SDWAHDAH.SCH.ID—Peduli Sesama adalah kegiatan donor darah yang dilaksanakan setiap tiga bulan secara rutin yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Zaid bin Tsabit (15/12). Kegiatan tersebut telah memiliki MOU Kerjasama dengan UTD Transfusi Darah Provinsi Sulawesi Selatan sejak tahun 2018.

Kegiatan ini di Sponsori langsung oleh Komite Sekolah dalam penyediaan konsumsi dan minuman bagi peserta. Serta mengajak warga sekolah untuk berdonor darah. Kegiatan tersebut sudah berjalan 12 kalinya, dimana peserta donornya adalah seluruh guru, pegawai, orangtua siswa maupun Masyarakat sekitarnya.

Dalam kegiatan ini, terdiri dari 40 orang pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya.  30 Orang berhasil melakukan donor darah terdiri dari 18 orang laki-laki dan 12 orang perempuan.  Setelah melalui tahap awal yaitu cek kesehatan oleh dokter yang bertugas, dan ada beberapa pendaftar yang gagal atau tidak dapat melanjutkan donor darah karena tidak memenuhi kriteria dan persyaratan secara medis. Adapun yang gagal melakukan donor darah sebanyak 10 Orang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 2 orang perempuan yang menjadi penyebab gagalnya donor tersebut antara lain dikarenakan kadar hemoglobin (Hb) kurang, tekanan darah tinggi dan rendah, mengkonsumsi antibiotik dalam kurung waktu satu minggu sebelum donor darah, baru melaksanakan bekam dan begadang nonton bola piala Dunia.

Kepala Perpustakaan Zaid bin Tsabit “Saya sangat senang melihat banyaknya peserta yang berantusis dalam kegiatan donor darah bulan ini meskipun ada yang tertunda dikarenakan tidak memenuhi syarat pendonor. Meskipun demikian jumlah pendonor  unggul 5 orang dari bulan Sebelumnya.” ujar Andi Anhar, S.Pd.I.

Abdul Rahman,  S. I.P. yang merupakan pegawai Perpustakaan Zaid bin Tsabit SD IT Wahdah Islamiyah 01. Menurutnya, sangat disayangkan moment ini, telah gagal melakukan donor darah disebabkan habis begadang nonton bola piala Dunia Ujarnya.

Aksi donor darah ini juga mendapatkan apresiasi positif dari Kepala Sekolah SDIT Wahdah Islamiyah 01. Hal ini dikarenakan banyaknya pendonor yang bergolongan darah A, B, dan O, telah ikut berpartisipasi. Harapan beliau Semoga kedepannya peserta dapat bertambah lebih banyak dari bulan ini.

Kegiatan donor darah yang dilakukan setiap 3 bulan sekali oleh Perpustakaan Zaid bin Tsabit Bersama Komite Sekolah SD IT Wahdah Islamiyah 01, merupakan kegiatan yang sangat positif. Selain sebagai wadah untuk berbagi antar sesama juga sebagai ajang silaturrahmi antar keluarga besar SD IT Wahdah Islamiyah 01 dan juga keluarga yang ikut donor darah. (Syarifuddin Akbar yang dikenal dengan panggilan Daeng Rimba).

About Andi Anhar,S.Pd.I

Check Also

Perpustakaan Zaid Bin Tsabit Gelar Lomba Membuat Kliping, Ini Pemenangnya

MAKASSAR, SDWAHDAH.SCH.ID—Pemenang lomba membuat kliping dengan tema “Makanan dan Minuman Sehat dan Tidak Sehat Bagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *