Home / artikel / Tetap Keren Saat Marah
Super Cool - Comic book style word on abstract background.

Tetap Keren Saat Marah

Rasa letih, kurang istirahat, dan masalah yang datang silih berganti tentu salah satu faktor yang menyebabkan seseorang mudah melampiaskan amarahnya. Yah, termasuk juga seorang guru ketika siswanya membuatnya marah. Tapi yakinlah, marahnya seorang guru kepada siswanya hanya sebatas di lisan saja, tidak bakalan sampai ke hati. Setuju kan? Hehe.

Pendidik yang sukses selalu mengedepankan kelembutan dan pemberian hadiah daripada menghukum karena hal itu bisa memberikan motivasi kepada siswa. Sedangkan hukuman bisa meninggalkan jejak kurang baik pada jiwa siswa, dan terkadang kita dapati sebagian siswa mensifati gurunya dengan label “Guru Killer”.

Terlepas dari itu semua, yang penulis ingin sampaikan adalah seorang guru dalam kondisi apapun seharusnya tampil elegan dan menawan didepan para siswanya termasuk dalam kondisi marah. Karena sudah menjadi pandangan umum apabila manusia marah, akan mengeluarkan kalimat-kalimat yang kurang positif dan bisa jadi itu sebuah doa bagi orang yang membuatnya marah. Oleh karena itu, kali ini penulis ingin memberikan tips buat guru-guru agar tetap tampil keren saat marah, bahkan marahnya bisa jadi sedekah. Amazing.

Syaikh Abdurrazzaq al Badr Hafizhahullah pernah menceritakan tentang Abdullah bin ‘Aun Rahimahullah seorang ulama yang tsiqah dan rajin beribadah, dan mendapatkan pujian dari para Ulama besar, diantaranya Imam Adz Dzahaby Rahimahullah yang mengatakan: “Abdullah bin ‘Aun seorang imam panutan ulama kota Bashrah.”

Salah satu akhlak mulia Abdullah bin ‘Aun Rahimahullah adalah beliau tidak pernah marah. Apabila seseorang membuatnya marah, ia justru mendoakannya dengan ucapan Baarakallahu fiik (semoga Allah selalu memberkahimu). Kisah ini juga dapat dilihat di kitab Hilya al Auliya’, 3/39.

Masyaa Allah, alangkah beruntungnya kita jika bisa mengambil pelajaran dari beliau. Mari kita amalkan kisah ini dalam kehidupan sehari-hari. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya : “Dan kata-kata yang baik adalah sedekah.” [Muttafaqun ‘alaih]

Semoga Allah memudahkan kita semua dalam kebaikan.

Penulis : GZ _ Guru Tematik 4A.1

About GZ

Check Also

lightning and tornado hitting village

Saat Kemarau, Hujan, dan Badai

Dari Anas bin Malik, beliau menceritakan: Ada seorang laki-laki memasuki masjid pada hari Jum’at melalui …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *