Home / artikel / Dibalik Sebuah Kesuksesan

Dibalik Sebuah Kesuksesan

Ketika membaca judul tulisan saya, mungkin anda teringat dengan sebuah idiom “Behind every great man, there is great woman”. Bahkan sejarah telah membuktikan dan mencatat dengan tinta emas, bahwa wanita tersebut berperan penting dibalik kesuksesan seseorang. Ingat yah, berperan (baca: sebab) bukan menentukan, hehe. Karena sejatinya, segala hal yang terjadi atas kehendak Sang Pencipta, termasuk kesuksesan seseorang. Sebagaimana yang disampaikan oleh Abu Ja’far Ath-Thohawy didalam kitabnya Aqidah Thohawiyyah, beliau berkata: “Segala kehendak apapun pasti dikalahkan oleh kehendak Allah, dan segala usaha apapun pasti dikalahkan oleh ketentuan Allah.”

Tanpa berlama-lama, yuk kita jelajahi beberapa kisah orang sukses dan siapa sosok wanita hebat tersebut. Check it out!

  1. Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu

Tentu kita semua telah akrab mendengar nama beliau. Sosok sahabat yang memiliki keutamaan yang besar, seorang sahabat yang tergolong as sabiqun al awwalun, salah satu dari sepuluh sahabat Nabi yang dijamin masuk surga, dan komando perang pada peperangan Khaibar yang dimana para Sahabat lain saling berharap agar dipilih menjadi komando pada perang tersebut karena Rasululllah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda: “Niscaya aku akan memberikan bendera (komando perang Khaibar) ini besok kepada orang yang mencintai Allah dan Rasul-Nya serta Allah dan Rasul-Nya mencintai dia.”

Tapi dibalik kesuksesan Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu ternyata ada sosok wanita mulia yang mendidik beliau. Di pagi hari beliau dididik oleh sang ibu, Fatimah binti Asad, dan di sore harinya oleh Khadijah binti Khuwailid. Semoga Allah meridhoi keduanya.

2. Abdullah Malik bin Umar bin Abdul Aziz

Beliau adalah sosok pemuda yang begitu mulia akhlaknya.  Seorang pemuda pemberani dan taat beribadah meskipun beliau hanya berusia 19 tahun. Tapi dibalik keutamaan dan kesuksesan beliau, terdapat sosok wanita yang hebat, yaitu Fathimah binti Abdul Malik bin Marwan, istri dari Umar bin Abdul Aziz rahimahullah.

3. Abu Hafs Umar bin Abdul Aziz

Siapa yang tidak mengenal Abu Hafs Umar bin Abdul Aziz? Beliau adalah raja yang terkenal sangat adil, rendah hati, dan memiliki rasa takut yang begitu besar kepada Allah. Tapi siapakah sosok wanita yang berperan penting dalam mendidik sehingga menghasilkan karakter yang begitu indah pada diri sang raja? Yah, wanita tersebut adalah Ummu ‘Ashim bintu ‘Ashim bin ‘Umar bin al Khaththab. Sosok wanita yang sangat terkenal dengan kejujurannya dan kemuliaan akhlaknya.

4. Ir. Soekarno

Ketika nama Soekarno disebutkan, sebagian besar kita akan berpikir bahwa beliau adalah Presiden pertama Indonesia. Yah tepat sekali. Siapa sih warga negara Indonesia yang tidak mengenal sosok beliau. Terkenal dengan kelantangan bersuara bahkan dijuluki sebagai orator ulung dan tokoh Proklamator Indonesia. Karaktersitik kepemimpinan Soekarno tidak lepas dari jasa seorang wanita bangsawan yang telah melahirkan beliau. Wanita tersebut bernama Ida Ayu Nyoman Rai.

5. Guru-Guru Indonesia

Bercerita tentang profesi guru, penulis merasa tidak ada habisnya. Begitu banyak inspirasi yang dapat dipetik dari perjalanan guru-guru Indonesia. Mulai dari kesabaranya dalam mendidik, pengorbananya untuk bangsa yang begitu besar, bahkan permasalahan status dan gaji guru yang lagi viral di tahun 2020. Maka tak heran jika guru dijuluki “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”. Dan hal itu semua sulit dicapai jika guru-guru Indonesia tidak didik dari kecil dengan didikan yang begitu mempesona.

Penulis meyakini bahwa kesuksesan guru-guru hebat Indonesia tak lepas dari perjuangan seorang Ibu. Sosok wanita yang tak kenal putus asa untuk menyekolahkan anaknya. Wahai ibuku, dan ibu para guru se-Indonesia, terima kasih atas semua perjuangan yang telah engkau berikan kepada kami. Nyawamu telah engkau pertaruhkan agar kami dapat melihat keindahan dunia ini.

“Robbanagfirli waliwaalidayya walilmu’minina yauma yaqumul hisab”

Penulis : GZ _ 09022020

About GZ

Check Also

rocky formations with plants near river

Kenapa Engkau Ingin Hidup?

Sesungguhnya tujuan dari hidup ini bukan hanya sekedar makan dan minum saja. Jika hanya untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *