Home / artikel / Adab dan Akhlak Pelajar Idaman

Adab dan Akhlak Pelajar Idaman

Keindahan seseorang tidaklah diukur dari keelokan wajahnya. Tidak sedikit dari manusia yang memiliki wajah cantik, akan tetapi lisannya sering menyakiti hati saudaranya. Banyak manusia yang memiliki wajah yang tampan, justru kehadirannya menjadikan orang lain merasa tidak nyaman.

Wahai para pelajar, ketahuilah bahwa keindahan dan kecantikan sejati terpancar dari perilaku kita terhadap orang lain. Inilah yang dinamakan adab dan akhlak. Jika kehadiranmu menjadikan orang lain bahagia, mendatangkan rasa nyaman, dan lisanmu tidak membuat orang tua menitikkan air mata, maka engkau telah mendapatkan anugerah oleh Allah. Adab dan akhlak yang baik merupakan perkara yang besar di sisi Allah.

Kebaikan adab dan akhlak akan mendatangkan kecintaan Tuhan Yang Maha Esa, merupakan salah satu tanda kesempurnaan iman seseorang, dan sebab terbesar untuk meraih surga-Nya.

Tapi ingatlah wahai dambaan hati, untuk meraih adab dan akhlak yang baik diperlukan usaha yang optimal. Kedua hal tersebut perlu di pelajari, kemudian di amalkan, dan engkau harus bersabar dalam melakoninya. Karena adab dan akhlak yang baik ibarat mutiara yang tersembunyi di bawah dasar laut, oleh karena itu engkau perlu mencarinya.

Berikut ini adalah beberapa adab dan akhlak yang perlu dipelajari dan diamalkan agar menjadi pelajar yang dirindukan surga.

Adab dan Akhlak Kepada Allah

  1. Jangan melakukan kesyirikan kepada-Nya. Jadikan seluruh amalanmu mulai dari bermain, menuntut ilmu ke sekolah, membantu orang tua di rumah, dan berbagai jenis pekerjaan lainnya semata-mata hanya untuk Allah dan mencari rida-Nya.
  2. Yakinilah bahwa Allah adalah Dzat Yang Maha Pencipta, Maha Pemberi Rezeki, dan Maha Menguasai. Oleh sebab itu, jika engkau meminta atau menginginkan sesuatu, pertama kali yang engkau lakukan adalah meminta dan memohon kepada Allah.
  3. Yakinlah bahwa Allah berada di atas ‘Arsy, di atas langit yang ketujuh.
  4. Jangan pernah tinggalkan shalat. Nak, shalat adalah perkara yang begitu penting. Shalat salah satu amalan yang pertama kali di hisab di hari kiamat. Bahkan shalat adalah salah satu benteng terkuat agar manusia tidak terjerumus ke dalam kesalahan. Lantas jika engkau malas bahkan meninggalkan shalat, kebaikan apa yang engkau harapkan?
  5. Rajin dan bersemangatlah untuk membaca Al Qur’an, agar engkau mendapatkan cahaya di dalam kehidupan. Ingatlah, Al Qur’an adalah Kalamullah (perkataan Allah), bukan makhluk.

Adab dan Akhlak Kepada Orang Tua dan Guru

1. Senantiasa bertutur kata yang baik. Janganlah engkau mengeluarkan kata-kata dari lisanmu yang akan membuat orang tua dan gurumu merasa sedih dan marah. Susunlah untaian kata yang indah saat hendak berkomunikasi dengan mereka. Niscaya engkau akan melihat keindahan terpancar dari wajah dan hati orang tuamu. Ingatlah, ayah dan ibumu adalah orang tuamu. Begtiu pula denga gurumu, mereka adalah orang tua kalian di sekolah.

2. Doakan kebaikan untuk mereka

3. Muliakan mereka dengan cara meminta izin ketika engkau hendak bertanya sesuatu hal.

4. Senantiasa bersikap rendah hati di hadapan mereka.

Adab dan Akhlak Kepada Teman

1.Menutupi aib dan kekurangan mereka. Wahai anak-anakku, ketahuilah bahwa engkau tidak akan mendapati sosok teman yang sempurna. Mereka memiliki kekurangan. Oleh sebab itu, jika dirimu merasa teman yang baik, hargailah kekurangan temanmu. Rangkul mereka dengan penuh kasih sayang.

2. Jangan memanggil mereka dengan panggilan jelek. Ingatlah, panggilan dan ucapan yang baik kepada manusia adalah sedekah. Panggil mereka sesuai nama yang telah diberikan orang tuanya. Jangan sekali-kali engaku memanggil temanmu dengan julukan-julukan yang buruk. Dikhawatirkan itu adaah doa darimu dan dapat membuat hati temanmu menjadi sedih.

3. Bersemangatlah tolong-menolong dalam kebaikan. Manusia yang baik adalah sosok yang paling bahagia apabila melihat temannya melakukan kebaikan. Ketika seseorang melakukan suatu kebaikan, maka dia akan merasa tertantang untuk melakukan kebaikan yang lainnya. Begitu pula sebaliknya, jika seseorang melakukan suatu kejelekan, maka kejelekan tersebut akan menarik kejelekan yang lainnya. Oleh karena itu, jika engkau melihat teman sejawatmu melakukan kejelekan, maka nasihatilah dengan cara yang baik.

Wahai para pelajar yang dirindukan surga..

Jangan pernah lelah untuk menjadi pelajar yang baik.

Jadikan dirimu sebagai sosok manusia yang selalu berberkah dimana pun kalian berada.

Belajarlah dengan giat untuk meraih cita-citamu.

Semoga Allah menjadikan kalian semua sebagai pemuda yang istikamah diatas kebaikan. [GZ]

About GZ

Check Also

lightning and tornado hitting village

Saat Kemarau, Hujan, dan Badai

Dari Anas bin Malik, beliau menceritakan: Ada seorang laki-laki memasuki masjid pada hari Jum’at melalui …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *