Home / karya murid / Shafiq: Menantikan Outing Setiap Tahun

Shafiq: Menantikan Outing Setiap Tahun

Outing atau outdoor learning yang menurut guru-guruku di sekolah artinya adalah memindahkan belajar dari ruang kelas ke tempat lain di luar sekolah. Sejak kelas 2 SD di Wahdah Islamiyah 01 ini, sekolah kami rutin setiap tahun mengadakan outing. Tempatnya berbagai macam, kami pernah ke Benteng Rotterdam, pabrik pembuatan kapal di PT. IKI, PDAM dan TVRI.

Aku suka sekali dengan outing ini, kapan waktunya setiap tahun selalu kunantikan dan kucatat baik-baik dalam ingatan. Tahun ini sekolah kami mengadakan outing ke dua tempat, yaitu Taman Bunga Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Pizzaria Cafe. Waktu mendengar akan ke tempat pembuatan dan penjualan pizza,

Waah aku langsung berseru kegirangan. Pizza itu kan makanan favorit akuKalau kami sekeluarga lagi beli pizza pasti aku yang selalu makan paling banyak hehehe. Sedangkan bunga- bunga yang hobi di rumah siih ayah dan ibuku. Tapi aku juga tertarik kok untuk pergi ke Taman Bunga UNM itu, karena pasti akan banyak pengalaman dan ilmu yang akan aku dan teman-teman dapatkan di sana nanti.

Hari yang aku tunggu-tunggu pun tiba, Rabu 26 Februari 2020 adalah jadwal kami murid laki-laki kelas 1 sampai 6 SDIT Wahdah Islamiyah untuk melakukan outing. Setelah sehari sebelumnya, jadwal murid perempuan. Aku semangat sekali,jam setengah 7 pagi aku sudah ready to go atau siap berangkat hehehe. Tapi ibuku bilang jangan terlalu cepat ke sekolah, karena biasanya kalau outing begitu berangkatnya sekitar pukul 8 atau 9 pagi.

Sesampainya di sekolah, kami seperti biasa aku sholat Dhuha berjamaah dulu di kelas, disambung dengan nasehat dari ustad Awi wali kelas kami 4 A1 dan kami dikumpulkan di lapangan untuk menunggu waktu berangkat. Setelah berbaris dan mendengar arahan dari Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah, akhirya kami dipersilakan naik ke bus yang telah dipersiapkan untuk masing-masing kelas. Senangnya hatiku, mulai dari perjalanan kami membaca doa kemudian nasyid dan hafalan surah-surah pendek.

Tidak terasa kami sampai di tujuan pertama yaitu di Taman Bunga UNM. Masya Allah, ternyata tempatnya indah sekali. Begitu banyak bunga-bunga dan tanaman yang bagus-bagus yang aku dan teman-teman belum pernah lihat. Berbagai varietas bunga mulai dari yang umum biasa kita lihat sampai yang langka ada di sini. Kami juga diajak melihat proses penanaman bunga mulai dari mempersiapkan tanah sampai waktu ditanam. Menarik sekali pokoknya. Ooh iya bunga-bunga dan tanaman di sini bisa dibeli juga loh kalau ada yang berminat. Kalau aku mengajak ayah atau ibuku ke sini pasti mereka akan senang sekali dan tentu memborong bunga-bunga yang cantik dan indah ini.

Setelah puas melihat, mengamati, bertanya dan mencatat tentang aneka bunga dan tanaman di Kebun Bunga UNM, aku dan rombongan pun begerak menuju tujuan ke dua yaitu Pizza Ria Kafe. Dalam perjalanan dari UNM menuju Pizza Ria Kafe aku sempat ketiduran di bus. Mungkin karena terlalu bersemangat mau outing, hingga malam sebelumnya aku tidak bisa tidur dengan nyenyak dan cepat juga bangun subuhnya. Akibatnya aku ngantuk deh di bus. Sesampainya di Pizza Ria Kafe . Waahhh.. kami disambut dengan ruangan yang bersih, rapi dan menguarkan aroma favoritku. Bau keju, daging dan bumbu-bumbu yang sedang di panggang memenuhi udara. Dari aroma ini aku sudah terbayang-bayang rasa pizza makanan favoritku. Dalam hati aku bertanya, nanti aku bisa makan pizza tidak ya di sini? Apa kami cuma bisa lihat-lihat saja tempat dan proses pembuatan pizza ini ? Entahlah, tapi dalam hati aku ingin sekali mencicipi makanan kesukaanku. Yaa kita lihat saja nanti kataku dalam hati.

Kami dibagi 2 grup untuk masuk ke dapur melihat proses pembuatan pizza, aku dapat grup ke dua. Jadi sambil menunggu grup pertama selesai, kami menunggu dulu bersama guru dan pendamping di ruangan restoran. Sambil menunggu kami melantunkan nasyid, hafalan surah-surah pendek dan mendengar juga arahan dari guru-guru kami. Akhirnya giliran kami tiba, aku dan teman-teman dipersilakan masuk ke dapur melihat proses pembuatan pizza. Selain melihat aku juga mencatat hal-hal yang dirasa penting. Ternyata begini ya kerja seorang chef pizza, terlihat juga bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sebuah pizza. Aku juga melihat bagaimana mulai dari mempersiapkan bahan sampai pizza itu masuk ke oven untuk dipanggang. Hhhmm nanti aku bisa tunjukkan catatan ini ke ibuku agar bisa dibikinkan pizza juga di rumah. Setelah kami keluar dari dapur, kejutan menunggu.

Ternyata setiap kami diberikan hadiah masing-masing kotak berisi pizza untuk dicicipi. Alhamdulillah, syukur pada-Mu Ya Allah akhirnyaa aku makan pizza juga. Afwan, aku memang sedikit lebay kalau bicara masalah pizza. Maklumlah,pizza mania hihihi. Setelah selesai di Pizza Ria Kafe kami pun pulang kembali ke sekolah. Rasanya outing kali ini sangat menyenangkan. Sama menyenangkannya dengan tahun-tahun sebelumnya.

Banyak ilmu baru yang kami dapatkan dan kami lihat. Ternyata banyak hal-hal menarik yang bisa kita pelajari di luar kelas. Outing kami ini diadakan pihak sekolah bekerjasama dengan Pandawa Tour yang sangat profesional dalam menyelenggarakan belajar di luar sekolah ini. Mulai dari berangkat, dalam perjalanan, di tempat tujuan sampai kembali ke sekolah, semua tertata rapi. Kami didampingi, dilayani dan diawasi dengan baik, sehingga orang tua di rumah tidak merasa was-was dengan keselamatan, keamanan dan kenyamanan kami sewaktu outing berlangsung.

Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada guru-guru kami di SDIT Wahdah Islamiyah 01 dan Pandawa Tour yang telah membawa kami melihat dan merasakan pengalaman baru, menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kami. Kami tunggu lagi pengalaman seru lainnya dalam outing berikutnya yaa Ustad dan Ustadzah tercinta kami. Insya Allah…

Pengalamanku Outing ke Kebun Bunga UNM dan Pizzaria Cafe

Oleh : Ahmad Shafiq Desheri

Kelas : 4 A1

About admin

Check Also

Karantina di Rumah

Pada saat pagi hari di mana aku tidak lagi merasakan suasana sekolah lagi karena adanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *