Home / Covid-19 / Rumah Tangga Islami

Rumah Tangga Islami


Pujian kepada Allah atas karunia-Nya yang diberikan kepada hambanya yang menjadikan kebahagiaan dan ketenangan dengan petunjuknya dan mengikuti Nabinya karena dalam hidupnya hanya nilai-nilai Islam .

Rumah tangga islami adalah rumah tangga yang penuh Iman dan Taqwa Allah berfirman

{أَفَمَنْ أَسَّسَ بُنْيَانَهُ عَلَى تَقْوَى مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانٍ خَيْرٌ أَمْ مَنْ أَسَّسَ بُنْيَانَهُ عَلَى شَفَا جُرُفٍ هَارٍ فَانْهَارَ بِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ
Maka apakah orang-orang yang mendirikan masjidnya di atas dasar takwa kepada Allah dan keridaan-(Nya) itu yang baik, ataukah orang-orang yang mendirikan bangunannya di tepi jurang yang runtuh, lalu bangunannya itu jatuh bersama-sama dia ke dalam neraka Jahanam.
Ayat ini menjelaskan bagaimana suatu bangunan dibangun agar tetap utuh dan bangunan yang runtuh.

Maka Rumah tangga yang utuh, Bahagia adalah rumah tangga yang pondasinya dibangun dengan nilai-nilai Iman dan takwa, isinya dengan amal Sholeh yang menghiasi dinding rumahnya sehingga rumah menjadi indah, sejuk, tentram nyaman dan menyenangkan.

Tamannya melaksanakan perintah Allah yang menjadi benteng dari akhlak yg buruk dan pengaruh-pengaruh jahat. Rumah yang didalam ada istri dan anak adalah amanah dan tanggung jawab dari Allah maka jagalah.
Allah berfirman,

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.
Setiap rumah – rumah muslim sangat membutuhkan seorang Ayah yang memberi petunjuk kepada keluarganya ke jalan-jalan kebaikan yg mengantarkan ke surga ,seorang ibu yang amanah menjaga nilai-nilai agama dalam rumah tangga sehingga mereka berdua ( ayah-ibu) menjadikan rumah pendidikan (tarbiyah) sehingga terwujud keluarga Islami.

Maka seorang pemuda atau pemudi yang belum menikah harus belajar menuntut ilmu syar’i agar mengetahui bagaimana berkeluarga Islami dan Amanah dalam keluarga.

Sesungguhnya Allah perintahkan amanah kepada ahlinya,
إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الْأَماناتِ إِلى أَهْلِه
Sesungguhnya Allah menyuruh kalian menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya(yang amanah).
Maka amanah yg paling besar adalah amanah rumah tangga (berkeluarga) dan bagaimana memperhatikan dan memperbaiki ,mengislah isinya yaitu keluarga dengan tarbiyah islamiyah.

Rumah tangga Islami adalah rumah yang didalamnya penuh dzikir, tilawah Al-Quran,khu’su dalam ibadah dan nilai-nilai taqwa inilah rumah yang hidup sebagai sabda Nabi shalallahu alaihi wasallam.
مَثَلُ الْبَيْتِ الَّذِيْ يَذْكُرُ اللهَ فِيْهِ وَ الْبَيْتِ الَّذِيْ لَا يَذْكُرُ اللهَ فِيْهِ مَثَلُ الْحَيِّ وَ الْمَيِّتِ

“Perumpamaan rumah yang digunakan untuk berdzikir kepada Allah dengan rumah yang tidak digunakan untuk berdzikir kepada Allah bagaikan orang hidup dan orang mati.”

Rumah tangga islami adalah rumah yg didalamnya hidup Sunnah-sunnah nabi shalallahu alaihi wasallam mulai dari tidur sampai tidur kembali, dari berpakaian,makan, tidur bahkan ketika ke kamar mandi.
Rumah tangga islami adalah rumah yg para wanitanya berhijab dan menjaga auratnya karena itulah kemuliaan wanita bahkan kemulian disisi Allah.
Rumah tangga islami adalah rumah yg jauh dari nyanyian-nyanyian music dan permainan yg melalaikan.
Allah berfirman

{وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْتَرِي لَهْوَ الْحَدِيثِ لِيُضِلَّ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَيَتَّخِذَهَا هُزُوًا أُولَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ مُهِينٌ
Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang meng­hinakan.
Para ulama mengatakan bahwa perkataan sia-sia adalah nyanyian-nyanyian music .
Rumah tangga Islami adalah rumah yg jauh dari hal yg melalaikan dan sia-sia.
Allah berfirman
وَالَّذِينَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُونَ
Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna.
Betapa menyedihkan jika rumah orang-orang muslim dipenuhi dengan music yg melalaikan dan sia-sia yang akan menjauhkan dari Allah, bahkan hati dan jiwa kita akan mati.
Maka jagalah rumah kita dengan ilmu syar’i didalamnya,penuhi dengan ibadah dan adab-adab islami karena dia adalah sesuatu yg sangat penting.
Ya Allah kami meminta kepada-Mu yang Rahma dan Rahim penuhilah rumah-rumah kami dengan Iman, hikmah dan ketenangan serta angkatlah wabah penyakit Corona dan jauhkanlah kami dari siksa Neraka.

Bontoramba
18 Sya’ban 1441 H

Abu Ikrimah, Ustadz Aruali, Lc, Guru BTHQ

About admin

Check Also

Pembelajaran Digital, Why Not?

Hakikatnya pembelajaran digital bukan hal yang baru dalam dunia pendidikan. Sistem pembelajaran ini sudah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *