Home / berita / Pramuka SDIT Wahdah Islamiyah 01 Berkemah Bersama Sekolah Binaan YPWI

Pramuka SDIT Wahdah Islamiyah 01 Berkemah Bersama Sekolah Binaan YPWI

“Disiplin dan Bertanggungjawab Menempa Diri Menjadi Pramuka Islami yang Mandiri” yang menjadi tema Kemah Akhir Tahun (KAT) SDIT Wahdah Islamiyah 01 berhasil  terselenggara bersama sekolah binaan YPWI lainnya. Berlokasi di Taman Wisata Leang-Leang Kab. Maros, kemah ini dilaksanakan dari tanggal 19-21 Juli 2019 bersama 3 sekolah lainnya, yaitu  SDIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar, SDIT Wihdatul Ummah dan SDIT Wahdah Islamiyah Gowa.   

Ustadz Munir, S.Pd, M.M sebagai ketua pelaksana kegiatan berharap kegiatan perkemahan ini menjadi kegiatan yang dapat menumbuhkan kembali semangat kebangsaan kaum muda yang sudah mulai terkikis oleh pengaruh globalisasi dan semangat Ukhuwah antar sekolah Wahdah. “Dengan adanya kegiatan ini juga bisa menguatkan ukhuwah antar sekolah dasar islam terpadu yang menjadi binaan Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah”, kata Ustadz Munir. 

Adapun tujuan dari acara ini, antara lain:

  1. Pembekalan materi, pengetahuan, keterampilan dan kecakapan dibidang kepramukaan dan kepemimpinan kepada anggota Gerakan Pramuka SDIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar dan sekolah binaan YPWI.
  2. Memupuk rasa cinta terhadap alam (lingkungan hidup), Gerakan Pramuka SDIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar.
  3. Mempererat kekompakan, persahabatan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan di antara sesama anggota Gerakan Pramuka SDIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar dan sekolah binaan YPWI.

Kegiatan Kepramukaan yang dimulai pada hari Jum’at pukul 16.00 Wita dan berakhir pada hari Ahad pukul 11:00 Wita meninggalkan kesan berarti bagi anggota pramuka . Berbagai macam kegiatan yang mereka lakukan seperti lomba keterampilan kepramukaan, memasang tenda bersama dilanjutkan dengan ta’aruf peserta dan Pembina dari 3 sekolah. Setelah itu para peserta mengikuti latihan bersama kepramukaan seperti baris-berbaris, tali temali dan smaport. Sore harinya panitia melakukan lomba persahabatan dari apa yang telah dipelajari peserta saat latihan bersama. Ada juga jelajah daerah leang-leang di Sabtu pagi guna mencari sumber air dan di hari Ahad pagi mereka berkunjung ke Taman Wisata Leang-leang, Kabupaten Maros Memasuki Gowa Prasejarah. Andi Faqih Dzaki Asyraf merasa senang ikut kemah, “Kalau Dzaki lain kali masih mau pergi”, kata Ummu Dzaki. “Dzaki mauji meskipun banyak nyamuk dan tidur tdk nyaman,” lanjut Ummu Dzaki.

 

Anggota Pramuka Shalat Malam
Memasang Tenda

About admin

Check Also

photo of black microphone

Pengumuman Tes Kenaikan Jilid WAFA Periode Juni

Alhamdulillah dari 196 murid, 112 murid putra 84 murid putri yang mengikuti Tes Kenaikan Jilid …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *