Home / berita / Peskil Ramadanku Penuh Makna

Peskil Ramadanku Penuh Makna

SDIT Wahdah Islamiyah 01 dihari ke 5 bulan Ramadan 1443H mengadakan pesantren kilat (peskil). Peskil dengan tema Ramadanku Penuh Makna ini berlangsung berlangsung selama dua hari (7&8 April 2022). Meski diikuti seluruh siswa dengan materi seputar Ramadan, pembukaan dengan perwakilan kelas belangsung meriah di Mushallah SDIT Wahdah Islamiyah 01.

Pada pembukaan, Ustaz Drs Jasman Ali Nur setelah memberikan semangat agar siswa dapat bersemangat melaksanakan ibadah, Ustaz Jasman bagi hadiah. Ustaz memberikan hadiah yang disimpan dalam amplop jika ada siswa menjawab pertanyaannya. Ainun siswa kelas 6B2 kemudian menjawab pertanyaan dengan pertanyaan “Apa makna dari ramadanku penuh makna?” dari kelompok siswa putri dengan jawaban benar.

Di kelompok putra, dijawab sama Abdurrahman dan dari kelas 4 A1 Ahmad al Ghazali. Ananda Abdurrahman dengan sapaan Abduh menjawab “Ramadanku Penuh Makna adalah shalat, kuat berdoa, tiga membaca qur’an, empat bersabar, lima beriman.” Karena lupa yang keenam dan masih ada keliru dengan jawaban yang diberikan maka Abdu rela berbagi hadiah dengan Ahmad al Ghazali.

Acara pembukaan ini diawali dengan pembacaan Al-Qur’an oleh Ustaz Aruali, Lc. yang diterjemahkan langsung oleh Ananda Muzaakir.

Setelah acara pembukaan siswa perwakilan kelas satu hingga kelas tiga kemudian masuk ruangan kelas masing-masing. Siswa yang sudah duduk di kelas 4,5, dan 6 kemudian mengikuti materi peskil ini dengan penuh semangat. Ustaz Nasaruddin, Lc., S.Pd.I, M.H.I dengan materi amalan-amalan di bulan Ramadan, kemudian Ustaz Munir, S.Pd.I, M.M melanjutkan materi dengan memberi motivasi siswa dengan kisah-kisah para ulama yang memanfaatkan bulan Ramadan dengan penuh kesungguhan.

Setelah materi kedua, siswapun kembali ke kelas masing-masing untuk menghafallkan do’a. Do’a yang dihafalkan antara lain do’a setelah berbuka puasa, do’a memohon agar menggapai lailatul qadar, doa masuk dan keluar masjid, dan doa berangkat ke masjid. []

About admin

Check Also

Karya Media Belajar Metaverse dari Guru Wahdah Menang Lomba

Dinas pendidikan kota Makassar menyelenggarakan lomba untuk seluruh guru dan siswa pada jenjang SD dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.