Home / berita / Perpustakaan Zaid Bin Tsabit Ikuti Sosialisasi Akreditasi Perpustakaan

Perpustakaan Zaid Bin Tsabit Ikuti Sosialisasi Akreditasi Perpustakaan

SDIT Wahdah Islamiyah 01 kembali turut berbangga. Kali ini dari perpustakaannya. Kepala Perpustakaan Zaid bin Tsabit SDIT Wahdah Islamiyah 01, Andi Anhar, S.Pd.I berkesempatan bersama 40 peserta lainnya mengikuti sosialisasi Pedoman Akreditasi Perpustakaan dari berbagai jenis perpustakaan yang ada di Sulawesi Selatan.

Kegiatan Sosialisasi Pedoman Akreditasi Perpustakaan diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) yang bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Arya Duta Makassar, Selasa-Rabu (16-17/2/2021).

Kegiatan Sosialisasi Akreditasi Perpustakaan ini menghadirkan narasumber Drs. Tisyo Haryono, MLS dan Drs. Badollahi Mustafa, M.Lib dari Perpusnas dipandu Koordinator Pustakawan Syamsul Arif, S.Sos, M.A. Turut hadir pada acara pembukaan, Kepala Bidang Perpustakaan DPK Sulsel Drs. Yulianto, M.M., Kepala Bidang Kearsipan Patarai A. Burhan GS, S.Sos, M.M, Kepala UPT Jasa Kearsipan H. Irwan,  S.Sos., M.AP  beserta sejumlah pejabat eselon IV dan pejabat fungsional Pustakawan dan Arsiparis lingkup DPK Sulsel.

“Alhamdulillah, sekolah Sdit Wahdah Islamiyah 01 terpilih untuk mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut. Sebagai salah satu perwakilan perpustakaan sekolah di Kota Makassar dari berbagai daerah di Provinsi Sulawesi Selatan,” jelas Ustadz Aan melalui pesan teks.

Untuk Perpustakaan di Kota Makassar ada tujuh sekolah, diantaranya:

  1. SMP Negeri 31 Makassar
  2. SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar
  3. SD Negeri Daya 1 Makassar
  4. SD Negeri Kompleks sambung Jawa Makassar
  5. SD Inpres Banta Bantaeng 1 Makassar
  6. SDIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar
  7. SMP Negeri 12 Makassar

Kepala DPK Sulsel Moh. Hasan Sijaya, S.H.,M.H dalam sambutannya pada acara pembukaan kegiatan tersebut Selasa (16/2/2020) menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala Perpusnas RI bersama jajarannya, yang telah memperlihatkan sinergitas yang cukup kuat kepada seluruh provinsi yang ada di Indonesia khususnya kepada Provinsi Sulawesi Selatan.

“Di tahun 2019 kegiatan Perpusnas yang dilaksanakan di Sulsel tidak kurang dari 46 kali dalam berbagai bentuk kegiatan. Di tahun 2020 karena Pandemi juga tidak pernah berhenti berkegiatan meskipun sebagian besar dilaksanan secara daring. Mudah-mudahan Ridha Allah senantiasa bersama kita star ini di 2021 diawali dengan kegiatan Sosialisasi Akreditasi ini,” jelasnya seperti yang dikutip dilaman warnasulsel.com.

Sementara itu Kepala Perpustakaan Nasional RI yang diwakili Pustakawan Utama Dra. Nelwaty, M.Si dalam sambutannya yang dikutip di warnasulsel.com. Bahwa se-saat sebelum membuka kegiatan sosialisasi ini mengatakan salah satu tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikan edukasi dan advokasi kepada para pengelola perpustakaan agar bersedia dan bersemangat untuk mengajukan agar perpustakaan yang dikelolanya dapat diakreditasi.

Menurutnya, berdasarkan data dari Perpusnas tahun 2018 jumlah perpustakaan di Indonesia 164.610, terdiri dari perpustakaan sekolah 113.541 (68,99 persen), perpustakaan umum 42.426 (25,78 persen), perpustakaan khusus 6.552 (3,98 persen) dan perpustakaan perguruan tinggi 2.057 (1,25 persen). Dari jumlah tersebut perpustakaan yang sudah terakreditasi dari 2011-2020 baru 2.808 (1,71 persen).

“Untuk itu, dibutuhkan dukungan dari para kepala dinas dan kepala perpustakaan untuk lebih mengedukasi, mengadvokasi, menyemangati, memberikan spirit dan juga sekaligus memberikan dukungan dana termasuk dari Perpustakaan Nasional sendiri untuk menggiatkan perpustakaannya, karena eksistensi dan sinergitas perpustakaan itu diakui melalui akreditasi ini. Setelah itu, selain lembaganya pustakawannya juga harus disertifikasi,” jelasnya. []

About admin

Check Also

photo of black microphone

Pengumuman Tes Kenaikan Jilid WAFA Periode Juni

Alhamdulillah dari 196 murid, 112 murid putra 84 murid putri yang mengikuti Tes Kenaikan Jilid …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *