Home / berita / Penerimaan Rapor Dalang “Datang Ambil Pulang”

Penerimaan Rapor Dalang “Datang Ambil Pulang”

SDIT Wahdah Islamiyah 01 menyelenggarakan penerimaan rapor secara langsung setelah dua semester berturut-turut dilaksanakan secara online akibat pandemi covid-19 yang tidak kunjung reda. Namun alhamdulillah, setelah kabar dari Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, S.T pada 19 Juni 2021 tentang penetapan Zona Hijau Wilayah Sulawesi Selatan, yang ditetapkan Kementrian Kesehatan dan setelah ditinjau langsung oleh tim verifikasi dari Dinas Pendidikan untuk kesiapan tatap muka terbatas sepekan sebelumnya. Kepala Sekolah, Ustaz Drs. Jasman Ali Nur beserta manajemen kemudian menyusun konsep untuk penerimaan rapor yang dilaksanakan dengan konsep Dalang, Datang, Ambil Rapor kemudian Pulang yang terlaksana dengan baik dan sesuai rencana pada hari Ahad, 27 Juni 2021.

“Alhamdulilliah penerimaan rapor mantap dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, perlu dicontoh oleh sekolah lain,” tulis Muhammad Mursyid Al Bukhari dikolom komentar youtube siaran langsung dokumentasi penerimaan rapor ini.

“Alhamdulillah…..kegiatan penerimaan Rapor kita berjalan dengan baik dan lancar berkat kerjasama yang sangat baik dari seluruh panitia dan wali kelas,” tulis Ustadzah Arharinah, S.Km, Ketua Panitia sekaligus Ketua TIM Gugus Covid-19 SDIT Wahdah Islamiyah. “Kami sebagai ketua panitia dan mewakili tim satgas covid mengucapkan Jazaakumullaahu khairan kepada seluruh panitia dan Walas atas kesolidannya dalam mengusung amanah ini,” lanjutnya.

Sebelum acara menerimaan rapor ini, panitia mengirimkan surat mengenati tata cara mengambilan rapor, denah, dan video STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PENERIMAAN RAPOR DALANG SDIT WAHDAH ISLAMIYAH 01. SOP ini bertujuan selain untuk berikhtiar untuk mengurangi pengurangan dan berusaha untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid 19, SOP ini dibuat untuk memberikan kenyamanan orang tua/wali siswa dan guru SDIT Wahdah Islamiyah 01 di acara penerimaan rapor.

Adapun prosedurnya antara lain, sebelum berangkat orang tua atau wali dianjurkan beerdoa. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ: “بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ” قَالَ: « يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ وَكُفِيت وَوُقِيتَ. فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِىَ وَكُفِىَ وَوُقِىَ “Jika seseorang keluar dari rumahnya lalu membaca (zikir): Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi, walaa haula wala quwwata illa billah (Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada-Nya, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Nya), maka malaikat akan berkata kepadanya: “(sungguh) kamu telah diberi petunjuk (oleh Allah Ta’ala), dicukupkan (dalam segala keperluanmu) dan dijaga (dari semua keburukan)”, sehingga setan-setanpun tidak bisa mendekatinya, dan setan yang lain berkata kepada temannya: Bagaimana (mungkin) kamu bisa (mencelakakan) seorang yang telah diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga (oleh Allah Ta’ala)?” HR Abu Dawud (no. 5095), at-Tirmidzi (no. 3426) dan Ibnu Hibban (no. 822), dinyatakan shahih oleh imam at-Tirmidzi, Ibnu Hibban dan syaikh al-Albani.

Sebelum berangkat, dianjurkan untuk Cuci Tangan Pakai Sabun, Berangkat tanpa membawa anak, dan memakai masker. Setelah tiba di sekolah Memarkir kendaraan yang telah ditentukan. Dimana ada dua alternatif tempat parkir, Gerbang Utama, Jl Raya Bukit Baruga No. 12B. Gerbang PDM Muslimah DPP Wahdah Islamiyah, Jl Antang Raya.

Saat di Gerbang Sekolah, ada pengecekan suhu oleh panitia, kemudian diarahkan untuk memakai handsanitiser yang disiapkan panitia. Setelah orang tua memberi informasi kelas anak, pantia kemudian memberi arahan lokasi kelasnya. Kemudian saat penerimaan rapor, Wali kelas kemudian menyerahkan rapor Ttnpa bersentuhan langsung. Setelah menerima rapor, orang tua kemudian diarahkan untuk langsung menuju gerbang dan kembali ke kendaraan masing-masing.

Dokumentasi kegiatan ini dapat dinonton pada vedio berikut,

About admin

Check Also

Pengumuman Tes Kenaikan Jilid WAFA April

Alhamdulillah dari 76 murid, 41murid putra 35 murid putri yang mengikuti Tes Kenaikan Jilid Level …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *