Home / berita / Pembinaan Apresiasi Guru dan Kepala Sekolah, Guru Wahdah Pematerinya

Pembinaan Apresiasi Guru dan Kepala Sekolah, Guru Wahdah Pematerinya

Andi Muhammad Zubair, ST.,S.Pd. , guru inspiratif Kota Makassar yang juga guru SDIT Wahdah Islamiyah 01 menjadi pemateri pada Kegiatan Pembinaan Apresiasi Guru dan Kepala Sekolah. Kegiatan yang terlaksana di Condotel Karebosi Premier Hotel Makassar, Senin-Selasa, 6-7 Desember 2012 mengambil tema “Mewujudkan Guru dan Kepala Sekolah yang Inovatif dan Inspiratif.”

“Wawasan Kebangsaan” dan “Sukses Wawancara dan Presentasi Guru Inspiratif” menjadi materi yang dibawakan Guru Zubair. Dalam materi wawasan kebangsaan Guru Zubair membeberkan tips memahami soal wawasan kebangsaan. “Mencari referensi soal wawasan kebangsaan, agar memudahkan pahami kata kunci dari setiap soal, analisis garis besar jabaran materi setiap soal, dan rangkum materi dalam bentuk peta pikiran (mind map),” kata Guru Zubair berbagi empat tips dihadapan peserta.

Untuk materi sukses wawancara dan presentasi, guru Zubair memberikan cara saat wawancara agar menarik di hadapan juri. Selain itu beliau mengingatkan agar peserta untuk selalu rendah hati. “Ingat! Presentasi dan wawancara saat mengikuti lomba merupakan seni yang ilmiah. Tetap rendah hati, tidak terlibat perdebatan emosional,” pesannya.

Selain Guru Zubair, hadir pula narasumber yang merupakan guru dan kepala yang sebelumnya telah menerima anugerah guru Inspiratif. Seperti Alphian Sahruddin, S.Pd.,M.Pd. (Kepala UPT SPF SD Negeri Bawakaraeng 1), pemenang Anugerah Guru Inspiratif KemdikbudRistek tahun 2020, Bapak Baharuddin, S.Pd.,M.Pd. (SDN V Mangkura) dan Ibu Satwika Trianti Ngandoh, S.Si.,M.Pd. (SMPN 14 Makassar).

Kadis Pendidikan Kota Makassar, Ibu Nielma Palamba, SH.,M.Adm.Pemb dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah media untuk saling belajar antara peserta dan para narasumber yang semuanya adalah sesama guru. Beliau juga menyampaikan bahwa sudah saatnya para guru dan kepala sekolah untuk bangkit memikirkan apa saja yang dapat dilakukan hingga kualitas pembelajaran dan pendidikan di Kota Makassar makin meningkat. Lahirnya karya Inovatif dan Guru Inspiratif adalah salah satu bagian dalam mendukung program revolusi pendidikan pemerintah kota Makassar.

About admin

Check Also

Buku Mutiara Wahdah Dipamerkan Di Simposium GTK Disdik Makassar

Buku mutiara wahdah, karya yang lahir dari kumpulan tulisan guru-guru SDIT Wahdah Islamiyah 01 dipamerkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.