Home / artikel / Mengenal Guru Zubair, Guru Berprestasi Kota Makassar

Mengenal Guru Zubair, Guru Berprestasi Kota Makassar

Jadilah guru penggerak, di sekolah sendiri dan di mana pun berada. Tapi ingat, sebelum menggerakkan orang lain, gerakanlah jiwa dan ragamu terlebih dahulu. Buktikan dengan karya dan inovasi. Kemudian dirimu boleh berkata, “Inilah aksiku. Mana aksimu!” (Guru Zubair)

Alhamdulillah, malam penganugerahan  Guru Inspiratif dan Guru Pengabdi yang diadakan oleh Dewan Pendidikan Kota Makassar di Hotel Claro Makassar (25/11) tadi malam membanggakan sekolah Wahdah Islamiyah, khususnya SDIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar.  Guru yang baru bergabung awal 2020 ini membuat decak kagum dengan torehan prestasi yang tidak henti dibuatnya.  

Ya, dialah Andi Muhammad Zubair, akrab disapa Zubair. Kota Makasar adalah tempat dia dilahirkan, pada 08 April 1994. Pendidikan dasar dimulai dari SD Negeri Unggulan Mongisidi 1, Makassar, tahun 2006 dan SMP Negeri 3 Makassar, tahun 2009. Kemudian melanjutkan pendidikan menengah di SMA Kartika XX-1, tamat tahun 2012.

Setiap orang pasti memiliki impian untuk mendapatkan pekerjaan idamannya. Namun belum tentu pekerjaan idaman ini sama dengan kemauan orang tua. Guru Zubair kemudian melanjutkan ke perguruan tinggi di Universitas Hasanuddin Makassar (UNHAS Makassar). Melalui jalur undangan khusus prestasi di Prodi Biologi dan jalur tes tertulis SNMPTN dengan Prodi Teknik Sipil dan Lingkungan. Akhirnya dia memutuskan untuk memilih Prodi Teknik Sipil dan Lingkungan dan berhasil menyelesaikan studi pada tahun 2017. Sejak berkuliah di Teknik Sipil, dia sering mendapatkan panggilan sebagai volunter pemateri pendidikan untuk anak di wilayah kumuh di Kota Makassar.

Untuk mengejar sebuah impian diperlukan pengorbanan. Ketika memulainya kembali, harus mempunyai rencana yang lebih rapi. Itulah awal kisahnya, mengapa dia begitu mencintai profesi guru meskipun harus banting setir dari dunia teknik yang dikelilingi proyek yang menggiurkan dengan pendapatan yang menjanjikan ke dunia pendidikan di sekolah. Sebagai salah satu bukti kecintaannya terhadap profesi guru, dia melanjutkan pendidikannya di Universitas Terbuka dengan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Guru Zubair terlahir dari kalangan keluarga asli bangsawan Bone. Anak pertama dari pasangan Andi Muhammad Zulkarnain, S.H. yang merupakan PNS di Mahkamah Agung dan Ir. Anisah Thaha. Meskipun tumbuh dan berkembang di keluarga berdarah biru, tidak menjadikan dirinya menikmati harta orang tua. Justru perasaannya lebih senang menaiki kendaraan bermotor dibandingkan kendaraan roda empat. Sadar akan kondisi keluarga yang dapat menjadikan dirinya manja, maka sejak SMA telah mandiri mencari uang sebagai seorang kasir di sebuah supermarket.

“Saya sangat beruntung telah melewati masa itu,” tuturnya yang ditulis oleh Bunda Nuraeni, pengawas SMP Kab Cianjur dalam blognya. Selesai dia mendapatkan gelar sarjana (Strata 1), dia sempat mengabdi sebagai guru kontrak di SDIT Al Fatih Makassar, SDI Al Bayyinah Makassar, dan akhirnya menjadi guru tetap yayasan di SDIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar.

Bunda Nurani yang juga aktif sebagai pemateri untuk literasi guru di gurusiana pernah menceritakan. “Saya sedikit menahan haru dengan ceritanya. Betapa tidak, anak muda yang mau menimba pengalaman tentang kehidupan yang sesungguhnya dengan menjadi guru swasta. Jika kita mampu melintasi lorong panjang itu dengan sepenuh hati, mudah-mudahan bisikan nuraninya bisa membawa dia kepada cahaya untuk menemukan jalan ke luar di ujung sana,” ceritanya tentang guru Zubair.

“Mungkin Bunda benar, mestinya masalah pekerjaan ini bisa dibuat sederhana, namun tidak demikian untuk saya yang saat ini saya sedang memasuki tahap pendewasaan kejiwaan yang penuh dengan gejolak,” jelasnya sambil menarik nafas panjang dalam kisah Bunda Nuraeni.

Meski berkarir sebagai guru di sekolah swasta, Guru Zubair terus belajar dengan cara menjalin komunikasi yang intens dengan guru-guru PNS kota Makassar, yang memiliki segudang prestasi dan mengambil ilmu ke mereka tanpa rasa malu sedikit pun. Dia ingin bekerja dengan sepenuh hati. Dia tidak mau tergoda oleh alasan mau pun kemalasan, atau tindakan apa pun yang melenakan.

Adapun beberapa penghargaan atau prestasi yang pernah diraihnya, meliputi:

1. Guru The Best in Care to Students di SDIT Al Fatih pada Tahun 2018.

2. Juara II Lomba Workshop Buku Teach Like Finland pada Tahun 2018.

3. Menjadi peserta diklat Literasi TIK yang diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan pelaksana LP3TK KPTK dan lulus dengan predikat baik pada Tahun 2019.

4. Menjadi Guru Sasaran program PKP pembelajaran berorientasi HOTS yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan lulus dengan predikat baik pada Tahun 2019.

5. Peserta BIMTEK Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah yang diselenggarakan oleh Badan POM RI pada Tahun 2019.

6. Pemateri penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis IT di beberapa sekolah di Makassar pada Tahun 2019.

7. Anggota aktif di Ikatan Guru Indonesia (IGI) kota Makassar sejak Tahun 2019.

8. Pengurus di Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG) se-Kota Makassar dengan amanah sebagai Koordinator Humas periode 2020-2022.

9. Peserta PembaTIK Level 1, 2, dan 3 yang diselenggarakan Pusdatin, Kemendikbudristek (2020)

10. Peserta diklat pembuatan soal ujian online yang dilaksanakan LP3TK KPTK pada Tahun 2020.

11. Tim pendampingan akreditasi di SDIT Wahdah Islamiyah yang dibawahi konsultan pendidikan KPI.

12. Peserta menulis buku Satu Guru Satu Buku (SAGUSABU) angkatan V Sulawesi Selatan yang dilaksanakan Media Guru Indonesia pada Tahun 2020.

13. Google Senior Leaders Lab (2021)


14. Google Certified Educator (2020)


15. Instruktur pembuatan komik edukasi (2021)


16. Instruktur nasional Matematika Nusantara (2020-2021)


17. Instruktur di Forum KKG Kota Makassar (2020-2021)


18. Instruktur Canva (2020-2021)


19. Instruktur desain grafis dan pemanfaatan media pembelajaran digital (2017-
2021)


20. Peserta terbaik pertama diklat Digdaya (STEAM) yang diselenggarakan PPPPTK PKn dan IPS, Kemendikbudristek (2020)


21. Peserta terbaik ketiga diklat Wawasan Kebangsaan khusus guru SD yang diselenggarakan PPPPTK PKn dan IPS, Kemendikbudristek (2021)


22. Peserta dengan predikat lulusan Amat Baik diklat Model Pembelajaran berbasis HOTS Guru Bahasa Indonesia SD yang diselenggarakan PPPPTK Bahasa, Kemendikbudristek (2020)

23. Peserta dengan predikat lulusan Amat Baik pada diklat daring pemanfaatan TIK yang diselenggarakan PPPPTK Matematika (2020)

Kebahagiaan hidup terpancar dari senyuman yang mencerminkan dari semangat hidupnya. Ketika kutanyakan, apa yang membuat Mas Zubair begitu bersemangat? Jawabannya sederhana, “Jangan hanya mengimpikan cita-cita. Usaha dan buktikan! Belajarlah seperti roket yang memelesat ke atas dan mengeluarkan cahaya yang indah. Demikianlah cita-citamu jika terwujud. Akan menjadi cahaya bagi umat manusia.”

Kecintaannya pada dunia literasi, dibuktikan dengan karya-karyanya. Tak mengherankan, kalau saat ini sudah cukup banyak hasil karya yang dibuatnya. Baginya menulis sudah menjadi kebutuhan hidupnya. Tidak heran akhirnya dia diaulat oleh sekolah tempatnya mengajar untuk memandu siswa dan guru menulis. Karya yang sudah diterbitkan, di antaranya:

– Pendidik dan Pelajar yang Dirindukan Surga, diterbitkan oleh Media Guru.

– You Are My Hero, diterbitkan oleh Kanaka Media.

– Aku dan Karyaku, diterbitkan oleh Kanaka Media

– Jalan Menuju Firdaus, diterbitkan oleh Kun Fayakun.

– Lautan Emas, diterbitkan oleh Kanaka Media yang launching bulan Juni Tahun 2020.

– Mutiara Wahdah, diterbitkan oleh Kanaka Media yang insyaa Allah akan di launching akhir bulan Mei Tahun 2020.

Menurut pria muda yang akrab dipanggil Guru Zubair ini. Meskipun dia sebagai guru swasta, dia tak pernah menyerah untuk terus meningkatkan kualitas diri dalam mengajar. Baginya guru negeri dan guru swasta memiliki kesempatan yang sama dan wajib berkarya dan menjadi lebih baik.

Oleh karena itu, dia pun aktif mencari informasi pelatihan yang dilaksanakan secara daring maupun luring. Salah satu pelatihan yang sedang diikuti sekarang adalah Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diadakan oleh Media Guru Indonesia.

Berdasarkan penuturannya, salah satu sebab yang menjadikan dirinya semakin berkembang adalah pada saat bergabung di Media Guru Indonesia dan mengikuti beberapa program Media Guru. Wow keren.

Begitulah sosok guru muda guru Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah (YPWI) yang begitu berambisi dalam mewujudkan cita-citanya menjadi guru yang selalu bermanfaat di manapun berada. Semoga dengan presatasi yang dimiliki Guru Zubair ini akan menjadi inspirasi yang dapat ditularkan kepada guru-guru lainnya.

Referensi:

  • Biografi Andi Muhammad Zubair
  • nuraeni.gurusiana.id

About admin

Check Also

rocky formations with plants near river

Kenapa Engkau Ingin Hidup?

Sesungguhnya tujuan dari hidup ini bukan hanya sekedar makan dan minum saja. Jika hanya untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *