Home / Covid-19 / Mendadak Libur… Mendadak jadi Ustadzah

Mendadak Libur… Mendadak jadi Ustadzah

(Ummi khairul 1A2 – 5 April 2020)

Dipertengahan ujian tengah semester anakanak tiba-tiba diliburkan. Demi menekan laju penyebaran corona virus disease (Covid-19). Untuk sementara waktu, mereka diminta belajar di rumah dengan metode belajar secara daring (online). Selama itu pula, kami selaku orang tua murid diminta mengawasi serta menjalankan tugas sebagai guru/ustadzah.

Esoknya. ..

Bismillah, peran baru pun dimulai..Hari pertama anak-anak diliburkan..

Grup whatssapp lagi rame-ramenya dengan chat para orang tua siswa yang mulai banyak tanya tentang prosedur pembelajaran online yang akan diterapkan.

Sampai saya agak kewalahan mencerna chat yang begitu panjang yang ustadzah kirim ke grup kelas 1A2. Pelan-pelan kubaca dan berkali-kali agar saya paham maksud dari tugas-tugas yang ustadzah beri untuk anak-anak sholeh kelas 1A2. Dan Alhamdulillah tak serumit yang kubayangkan.

Karena sehari-hari saya selaku orang tua juga sering membantu anak2 dalam mengulang pelajaran yang telah mereka dapat dari sekolah. Hanya saja cara saya membimbing mungkin agak berbeda dari ustadzahnya. Yaa… kan saya bukan guru. Namun saya pernah dengar kalimat ini..

“Al Ummu Madarasatul Ula”

” Ibu adalah madrasah bagi anak-anaknya..”

Kalimat yang lumayan men-support saya menjadi ustadzah dadakan juga mengikuti anjuran ulama dan pemerintah untuk tetap berada di rumah.

Yang menyenangkan kali ini, sesekali ustadzah memberikan tugas-tugas yang sangat menarik seperti aplikasi game ‘menghafal quran’ untuk dijadikan quis. Tugas ini diberikan oleh ustadzah Fya selaku guru BTHQ Khairul. Alhamdulillah anak-anak sholeh kelas 1A2 semangat sekali bermain gamenya. Karena aplikasi tersebut mengajarkan anak-anak lebih lancar membaca quran dan melatih ingatan hafalan quran mereka. Diakhir gamenya juga akan muncul score yang diperoleh, yang membuat anak mengetahui tingkat kemampuan mereka.

Syukran buat ustadzah yang walau mengajar secara online namun tetap menjaga semangat belajar anak.

Ustadzah Hasni selaku wali kelas 1A2 juga telah memberikan file buku yang bisa kami orang tua print untuk anak-anak baca dan mengerjakan beberapa pertanyaan seputar covid-19. Buku aktivitas yang berjudul ‘Gembira Bersama Abi & Ummi’ ini sangat bermanfaat karena berisi tentang apa itu covid-19, apa gejalanya, siapa saja yang dapat tertular, bagaimana cara menjaga kebersihan diri, juga cara mencuci tangan dengan benar. Buku yang berisi aktivitas yang menurut saya menyenangkan untuk anak-anak kerjakan seperti mewarnai dan menjawab teka teki silang serta menuliskan apa saja kegiatan selama tinggal dirumah.

Selain tugas-tugas dari sekolah tadi ada satu tugas lagi yang menambah semangat anak di rumah. Yakni lifeskill, membantu ummi mengerjakan pekerjaan rumah. Seperti menyapu, lap jendela, lap meja dan kursi juga cuci piring dan melipat pakaian. Nah tugas yang ini selain anak-anak senang, hati orang tua juga sangat senang. Seperti yang terdapat pada buku tematiknya, pada tema 6 tentang lingkungan bersih, sehat dan asri. Mengajarkan anak untuk melakukan pekerjaan rumah tangga sejak dini, membuat mereka merasa mampu menyelesaikan tugas dan tanggungjawab yang diberikan. Membantu orang tua di rumah dengan pekerjaan rumah tangga, akan mendorong mereka memahami pentingnya arti kerjasama. Jadi anggap saja ini adalah tugas praktek untuk mereka. Insya Allah bermanfaat kedepannya. Aamiin..

Sekian tulisan dari saya. Sukses selalu buat ustaz-ustadzah serta para ummi-ummi yang mendadak jadi guru.

Tetap di rumah, jaga kebersihan jaga kesehatan. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua dari wabah penyakit. Serta memudahkan kita semua dalam mendidik anak-anak kita.

Semangat belajar untuk anak-anak sholeh-sholehah SDIT Wahdah Islamiyah 01.

Wassalam

About admin

Check Also

Pembelajaran Digital, Why Not?

Hakikatnya pembelajaran digital bukan hal yang baru dalam dunia pendidikan. Sistem pembelajaran ini sudah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *