Home / Covid-19 / Memetik Hikmah Wabah Covid-19

Memetik Hikmah Wabah Covid-19


Hikmah yang dapat kami ambil pada ujian wabah covid-19 adalah semakin menyadari ke Maha Besaran dan ke Maha Kuasaan Allah. Bahwa Allah ﷻ menurunkan wabah ini untuk menyadarkan hati-hati setiap insan yang lalai kepada-Nya

Munculnya wabah ini semakin menumbuhkan rasa tawakkal dalam hati kami. Mulai senantiasa memohon perlindungan dari segala penyakit, terutama wabah covid-19. Munculnya wabah ini juga semakin menyadarkan kepada kami untuk senantiasa mengingat yang namanya kematian, pemutus segala kenikmatan!

Berkaca pada layar handphone ketika memutar video durasi pendek, seseorang yang tiba-tiba jatuh karena terinfeksi wabah covid-19. Bahwa ajal tak pandang waktu dan tempat serta dalam kondisi kesehatan yang seperti apa.

Hikmah yang lainnya adalah bisa jauh lebih dekat dengan buah hati dan keluarga.

Sedikit-sedikit juga bisa berdakwah, saling nasehat menasehati dalam kebaikan kepada keluarga.

Hikmah yang lainnya adalah lebih paham lagi bahwa agama Islam ini adalah agama yang tidak pernah menyulitkan para pemeluknya.

Semua yang wajib bisa menjadi tidak wajib ketika menghadapi wabah. Contohnya : Shalat 5 waktu dilaksanakan di rumah, shalat Jum’at pun demikian diganti menjadi shalat Dzhuhur di rumah-rumah kaum muslimin.

Akhirnya, semua kembali kepada diri-diri kita. Bagaimana kita mempersiapkan bekal kita untuk menuju tempat kita ke alam selanjutnya.

Ustadz Syamsul Bahri Alim, Guru BTHQ

About admin

Check Also

Pembelajaran Digital, Why Not?

Hakikatnya pembelajaran digital bukan hal yang baru dalam dunia pendidikan. Sistem pembelajaran ini sudah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *