Home / berita / KADIS PERPUSTAKAAN KOTA MAKASSAR BERSAMA TIM ASESOR PERPUSNAS RI BERKUNJUNG KE PERPUSTAKAAN ZAID BIN TSABIT SD ISLAM TERPADU WAHDAH ISLAMIYAH 01 MAKASSAR

KADIS PERPUSTAKAAN KOTA MAKASSAR BERSAMA TIM ASESOR PERPUSNAS RI BERKUNJUNG KE PERPUSTAKAAN ZAID BIN TSABIT SD ISLAM TERPADU WAHDAH ISLAMIYAH 01 MAKASSAR

Alhamdulillah, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Hj. Tenri Apalallo, S.Sos., M.Si. bersama beberapa Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Perpustakaan Makassar mendampingi Tim Asesor dari Perpustakaan Nasional RI melakukan kunjungan ke Perpustakaan Zaid Bin Tsabit SD Islam Terpadu Wahdah Islamiyah 01 Makassar. (Jum’at, 24/09/2021)

Dalam kunjungan tersebut, 2 Kepala Sekolah Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah yakni Kepala Sekolah SD Islam Terpadu Wahdah Islamiyah 01, Drs. Jasman Ali Nur dan Kepala Sekolah SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah, Muh. S. Darwis, S.Ag., M.Pd.I. beserta para Duta Bacanya turut antusias dalam menyambut kedatangannya di SD Islam Terpadu Wahdah Islamiyah 01 Makassar.

Kunjungan ini mendapatkan respon yang sangat baik dari Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Hj. Tenri Apalallo, S.Sos., M.Si. Ibu Kepala Dinas dalam kesempatan tersebut turut memuji kondisi lingkungan sekolah dan taman baca yang begitu bersih dan bebas dari sampah kecil seperti puntung rokok. Selain itu, beliau juga berharap agar kedepannya Perpustakaan Zaid Bin Tsabit lebih berkembang lagi dari sekarang “ujar Hj. Tenri Apalallo, S.Sos., M.Si”

Tim Asesor Perpusnas RI, Bapak Darwanto dan Bapak Eko Sutarko juga ikut mengapresiasi dan memberikan pujian serta masukkan kepada Pustakawan Perpustakaan Zaid Bin Tsabit, Andi Anhar, S.Pd.I. dan Muhadir Abd. Rasyid, S.IP. Selanjutnya, Tim Asesor mengatakan bahwa perpustakaan ini sangat bersih, nyaman dan bahkan menyenangkan. Hal tersebut terbukti dari penataan perpustakaan yang minimalis dan menarik “Bapak Darwanto dan Bapak Eko Sutarko”

Dalam kesempatan tersebut, Tim Asesor juga melihat secara langsung pojok baca yang ada di masing-masing kelas, Grand house serta Taman Baca perpustakaan yang begitu sejuk. Tim Asesor juga sangat tertarik dengan adanya studio mini, pajangan dengan tulisan lontarak makassar yang ada di perpustakaan. Bahkan tim asesor juga sangat mengapresiasi kreativitas pustakawan Perpustakaan Zaid Bin Tsabit dalam mengubah berbagai bahan daur ulang menjadi fasilitas yang bermanfaat untuk perpustakaan seperti lemari katalog yang terbuat dari bahan karton/dos, korak buku terbaca yang terbuat dari kaleng lem dll. “Bapak Darwanto dan Bapak Eko Sutarko”

Menanggapi hal tersebut, Andi Anhar, S.Pd. I. Kepala perpustakaan menjawab bahwa semua ini tidak terlepas dari pembinaan dan arahan Dinas Perpustakaan Kota Makassar melalui program Sentuh Pustaka. Melalui kesempatan ini juga, beliau berterima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan atas bimbingan dan arahannya. Selain itu, kreativitas yang kami lakukan tidak terlepas dari motto perpustakaan kami yaitu Cepat, Cerdas dan Kreatif “ujar Andi Anhar, S.Pd. I. ”

Selain itu, kunjungan tersebut juga turut dihadiri 6 Sekolah se-Kota Makassar yang telah melakukan visitasi dan persiapan akreditasi perpustakaan. Harapan seluruh sekolah tersebut agar hasil dari penilaian akreditasi perpustakaan sesuai dengan yang diharapkan yaitu Akreditasi A. Masing-masing sekolah dihadiri langsung oleh Kepala Sekolah didampingi oleh pustakawannya masing-masing. Berikut 6 nama perpustakaan tersebut:

  1. Perpustakaan SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar
  2. Perpustakaan Carakdek SMP Negeri 24 Makassar;
  3. Perpustakaan Ceria SD Inpres Banta-Bantaeng 1 Makassar;
  4. Perpustakaan Aneka Ilmu SDS Hang Tuah Makassar;
  5. Perpustakaan An Nahl SDN Kompleks Sambung Jawa Makassar;
  6. Perpustakaan Gerbang Ilmu SD Negeri Borong Makassar

About Andi Anhar,S.Pd.I

Check Also

Tetap Menjaga Mutu di Masa Pandemi

Kepala Sekolah SDIT Wahdah Islamiyah 01, Ust. Drs. Jasman Ali Nur menjadi pemateri di acara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *