Home / Covid-19 / Hikmah Di Balik Setiap Kejadian

Hikmah Di Balik Setiap Kejadian

Saat isu wabah virus covid-19 (corona) sudah melebar ke negara kita yaitu Indonesia, menteri pendidikan mengambil langkah agar sekolah diliburkan. Oleh sebab itu, proses belajar mengajar akan dilakukan dari rumah, sebagai gantinya, pembelajaran yang biasanya dilakukan di sekolah diubah menjadi di rumah. Siswa tetap mengerjakan semua tugas sekolah meski berada di rumah. Orang tua yang juga bekerja dari rumah maupun yang bekerja kantoran diminta untuk mengawasi proses belajar anak selama di rumah.

Awal untuk memulai membimbing ananda, saya sangat semangat bercampur deg-degan dalam diri saya. Ini juga menchallange diri saya sendiri selama kebijakan ini, apakah saya mampu memenaj waktu dan menjadi orang tua yang walaupun bekerja tetapi masih mampu membimbing ananda (dalam hati semangat…semangat). Selama libur sekolah ini, sekolah memberikan sejumlah tugas pada siswa. Setiap hari tugas tersebut dikirimkan oleh gurunya melalui sosmed (via Whatsapp). Ustazah juga menjelaskan secara detail tugas ananda via whatsapp setiap harinya. Selama mengerjakan tugas, sebagai pembimbing ananda semenjak libur, Alhamdulillah lancar dan no drama. Kalaupun ada kendala, semua masih bisa teratasi, hal ini disebabkan ustazah juga sangat membantu saya apabila ada hal (tugas) yang kurang saya pahami.

Alhamdulillah..selama kebijakan ini, saya menjadi tahu bagaimana seorang tenaga pengajar membimbing anak kami di sekolah, yang biasanya kami para orang tua tahunya hanya mengantar sampai depan pintu kelas atau gerbang. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada semua pengajar, ustaz dan ustazah karena telah membimbing ananda di sekolah selama ini. Akhirnya kami pun merasakan apa yang ustazah selama ini rasakan.

Hikmah yang saya petik dari kebijakan belajar dari rumah ini; saya lebih tenang menghadapi ananda,  mempunyai quality time yang lebih dengan ananda, dan mengerti segala tang dirasakan oleh ustazah di sekolah selama ini. Terakhir, mohon maaf, saya selaku orang tua belum sempurna menjalankan amanah ini selama mendampingi ananda di rumah.

By: Ummu Daffa

About admin

Check Also

Pembelajaran Digital, Why Not?

Hakikatnya pembelajaran digital bukan hal yang baru dalam dunia pendidikan. Sistem pembelajaran ini sudah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *