Home / berita / Guru Wahdah Ikut Workshop Bedah Instrumen Akreditasi

Guru Wahdah Ikut Workshop Bedah Instrumen Akreditasi

Departemen Pendidikan DPP Wahdah Islamiyah setelah sukses melaksanakan workshop sosialisasi Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 dengan mengundang praktisi dan asesor dari BAN-SM Sulawesi Selatan akhir bulan lalu. Hari Kamis hingga Sabtu, tanggal 11-13 Maret 2021 kembali mengadakan yang berkaitan dengan IASP 2020, kini bekerjasama dengan Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) yang berpusat di Kota Surabaya. Kegiatan berlangsung secara daring ini adalah Bedah Instrumen Akreditasi.

Ustaz Darmi Yusuf, S.Pd., M.Pd.I selaku ketua Departemen Pendidikan DPP WI dalam pembukaan di hari Kamis menyampaikan ada 130 guru yang ikut di acara ini, terdiri dari 50 guru SD, 40 guru SMP, dan 40 guru SMA. “Kegiatan seperti ini, akan dapatkan pengetahuan untuk menyusun dokumen akredreditasi, dengan bekerjasama dengan KPI yang berpusat di Surabaya kami harap mampu mengusai instrumen dan aplikasikan di sekolah (masing-masing)”, harap Ustadz Darmi yang juga menjabat sebagai Kepala SMA IT Wahdah Islamiyah .

Workhop ini tidak sekedar memberi pengetahuan namun bisa diimplemetasikan harap ketua Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah (YPWI) Ustaz Ir. Nursalam Siradjuddin. “Akreditasi tidak sekedar nilai, tapi proses itu sebagian dari budaya,” kata Ustaz Nursalam.

Selain kehadiran Ustaz Drs. Jasman Ali Nur sebagai Kepala Sekolah dan pendamping di acara ini, ada empat guru yang diutus pihak manajemen SDIT Wahdah Islamiyah 01. Mereka diantaranya Ustaz Munawir Taufik, S.T yang mewakili aspek Manajemen Sekolah/Madrasa, Ustaz Abdul Razak Yusuf, S.Pd.I, M.Pd. mewakili aspek Mutu Lulusan, Ustaz Andi Muhammad Zubair, S.T, S.Pd. mewakili aspek Proses Pembelajaran, dan Ustazah Hanida Harun, S.S mewakili aspek Mutu Guru.

Dalam workshop ini mereka mendapatkan banyak materi, antara lain; Kebijakan Akreditasi, Pedoman Akreditasi, Mekanisme (POS) Akreditasi, Pengantar Perangkat Akreditasi 2020, Bedah Butir Kinerja Inti Mutu Lulusan, Bedah Butir Kinerja Inti Proses Pembelajaran, Bedah Butir Kinerja Inti Guru dan Butir Kinerja Kekhususan, Bedah Butir Kinerja Inti Manejemen Sekolah, dan Penskoran.

Pelaksanaan kegiatan online bekerja sama dengan KPI meliputi pembelajaran mandiri yang dilakukan melalui google classroom, pendampingan melalui live streaming aplikasi zoom cloud, grup diskusi lewat breakout room zoom, penugasan, dan praktik mandiri.

Meski akreditasi baru dilaksanakan tahun 2019 lalu, Ustaz Jasman bertekad agar persiapan akreditasi selanjutnya bisa lebih baik lagi. Tidak perlu menunggu tiga bulan atau bahkan tiga hari untuk mempersiapkan prosesi akreditasi. Perlu ada pembentukan sistem yang baik, perlu ada perencanaan-perencanaan yang matang, dan kerjasama antar semua pihak yang ada di sekolah, karena akreditasi ini intinya adalah proses yang telah membudaya bagi guru, siswa, dan semua yang ada di lingkungan sekolah. []

About admin

Check Also

ADAKAN ROADSHOW SELAMA 2 HARI, DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI SULAWESI SELATAN MENGUDANG BEBERAPA PUSTAKAWAN SEKOLAH

Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan RoadShow dengan mengundang beberapa pustakawan sekolah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *