Home / artikel / Adab Turun Hujan
raindrops on umbrella
Photo by Adrianna Calvo on Pexels.com

Adab Turun Hujan

Tahukah kamu, bahwa Nabi telah mengajarkan beberapa adab ketika turun hujan, loh?

Hujan tentunya turun atas perintah Allah, namun ia terkadang datang dengan kebaikan atau juga sebagai azab. Namun tahukah  kamu bahwa Nabi telah mengajarkan kepada kita beberapa adab ketika hujan, loh?

  1. Ketika turunnya hujan.
    Ketika turun hujan Nabi mengajarkan kita sebuah doa untuk dibaca sebagai kesyukuran terhadap turunnya hujan. “Allahumma Shoyyiban Naafi’an (Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat).”
  2. Turunnya hujan adalah kesempatan terbaik untuk berdoa.
    Nabi Shallallahu alaihi wa sallam menyebutkan dalam salah satu hadisnya bahwa ada tiga doa yang mustajab pada tiga keadaan, di antaranya adalah doa di saat hujan.
  3. Ketika hujan lebat.
    Nabi mengajarkan kita sebuah doa ketika hujan turun lebat, “Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari [Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan).”
  4. Mengambil berkah ketika hujan.
    Kebiasaan Nabi dan sahabat lainnya ketika hujan mereka menyingkap bajunya untuk terkena air hujan. Imam An-nawawi juga menyebutkan bahwa ulama Asy-syafi’iyah menganjurkan menyingkap sebagian badan (selain aurat) agar terguyur air hujan. (Syarh Muslim, 6/196).
  5. Jangan mencela hujan.
    Hujan turun atas perintah Allah, maka ibaratnya ketika mencaci hujan kita juga mencaci pemberi perintah kepadanya, yaitu Allah.
  6. Berdoa setelah hujan mulai reda.
    Nabi mengajarkan kita sebuah doa ketika hujan telah selesai, “Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih’ (Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah).”

    Wallahu a’lam

www.republika.com

About admin

Check Also

Guru Menerima Hadiah dari Murid?

Rasa terima kasih terkadang diinterpretasikan dengan memberikan sebuah hadiah dari wali murid kepada seorang guru. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *