Home / artikel / Bahayanya Waktu Luang
crop man showing modern wristwatch with display on foggy day
Photo by Erik Mclean on Pexels.com

Bahayanya Waktu Luang

من أعظم الأشياء ضرراً على العبد بطالته وفراغه، فإن النفس لا تقعد فارغة، بل إن لم يشغلها بما ينفعها شغلته بما يضره ولا بد.

“Diantara hal yang paling berbahaya bagi seorang hamba adalah waktu luangnya. Karena jiwa itu tak akan pernah lowong, jika ia tidak disibukkan dengan hal yang bermanfaat untuknya, maka ia akan disibukkan dengan hal yang memudharatkannya, dan pasti seperti itu.”

(Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah dalam Kitab Thariqul Hijratain, hal. 275)
📝 Faidah atau Pelajaran
1️⃣ Waktu luang lebih mahal dari emas kalau dia hilang tidak bisa kembali
2️⃣ Manusia ketika masih kecil tidak didik dengan akhlak yang baik dan adab berbahaya nanti ketika dewasa bisa lebih ganas dari binatang. Maka didiklah anak kita ketika masih kecil luangkan waktu yang banyak untuk mereka karena mendidik anak diwaktu kecil susah hilang dan sangat kuat pengaruhnya.
3️⃣ Kesempatan waktu luang itu sangat berharga sebagaimna sabda nabi, “Sebaik-baiknya manusia ketika diberi umur panjang bagus amal perbuatannya dan seburuk-buruk manusia diberi umur panjang dan buruk amal perbuatannya.” (H.R Tarmidzi)
4️⃣ Kesibukan manusia dengan cuma 2 dengan waktu luang pertama melakukan hal yang bermanfaat atau sebaliknya hal yang memudaratkan.

Ustad Aruali, Lc. | Guru BTHQ

About admin

Check Also

lightning and tornado hitting village

Saat Kemarau, Hujan, dan Badai

Dari Anas bin Malik, beliau menceritakan: Ada seorang laki-laki memasuki masjid pada hari Jum’at melalui …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *