Home / berita / ADAKAN ROADSHOW SELAMA 2 HARI, DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI SULAWESI SELATAN MENGUDANG BEBERAPA PUSTAKAWAN SEKOLAH

ADAKAN ROADSHOW SELAMA 2 HARI, DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI SULAWESI SELATAN MENGUDANG BEBERAPA PUSTAKAWAN SEKOLAH

Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan RoadShow dengan mengundang beberapa pustakawan sekolah di Sulawesi Selatan. Roadshow ini diadakan di Arthama Hotel’s Makassar selama 2 hari (2/9/2021).

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Bapak Moh. Hasan, S.H., M.H., (Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan). Pada kesempatan tersebut, beliau mengharapkan kepada para narasumber agar materi yang disampaikan dapat memberikan pengetahuan bagi seluruh peserta agar dapat diimplementasikan di lingkungan kerjanya masing-masing.

Pada hari pertama, tema yang diangkat yaitu “RoadShow Pengembangan Kegemaran Membaca: Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Era Informasi”. Pada kegiatan tersebut, dihadirkan sebanyak 3 Narasumber yang handal pada bidangnya. Berikut merupakan nama dan materi yang dibawakan oleh para narasumber:

  1. Dr. H. Muliono Caco, M.M.,M.Kes. (Korwas Disdik Prov. Sulawesi Selatan)
  2. Irsan, S.IP., M.IP. (Pustakawan Perpustakaan Umum Kabupaten Enrekang)
  3. Burhanuddin, S.Kom. (Pustakawan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Maros)

Selanjutnya pada hari kedua, tema yang diangkat yaitu “RoadShow Layanan Perpustakaan Berbasis IT: Strategi Membangun Budaya Literasi di Era Digital”. Tema ini juga menghadirkan 2 Narasumber yang handal pada bidangnya, berikut merupakan nama dan materi yang dibawakan oleh para narasumber:

  1. La Tommeng S.Sos., M.I.Kom. (Pustakawan Perpustakaan UNHAS) dengan membawa materi “Layanan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi Software Inlislite”
  2. Upi Asmaradhana (Pegiat Literasi Digital Indonesia) dengan membawa materi “Keamanan Informasi di Era Digital: Informasi  sebagai Aset Data Digital”

Selain itu, pada kegiatan ini Bapak Syamsul Arif, S.Sos, M.A. (Koordinator Pustakawan Sulawesi Selatan) membagikan kepada seluruh peserta pedoman terbaru penyelenggaraan perpustakaan sekolah/madrasah yang dikeluarkan langsung oleh Perpustakaan Nasional RI. Pedoman tersebut dikenal dengan NSPK atau Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria Perpustakaan Sekolah/Madrasah

Kegiatan ini berlangsung dengan interaktif, di mana terjadi proses tanya jawab yang antara peserta dan narasumber. Puncak dari kegiatan yaitu saat kegiatan penutupan. Kegiatan ini akhirnya ditutup secara langsung oleh Bapak Abdul Hadi, S.Sos., M.M. (Kepala UPT Perpustakaan Provinsi Sulawsi Selatan).

About Andi Anhar,S.Pd.I

Check Also

Pelepasan kelas 6: Penuh Cinta Dari Rumah

Pelepasan Alumni yang kesepuluh (Alumni X) SDIT Wahdah Islamiyah 01 dilaksanakan di sekolah dan rumah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *