Home / artikel / 3 Rahasia Surat Al Kahfi
people sitting on chair reading books
Photo by Pok Rie on Pexels.com

3 Rahasia Surat Al Kahfi

Surat Al Kahfi (110 ayat, Makkiyah) adalah surat mulia yang Rasulullah ﷺ menganjurkan kita untuk membacanya setiap hari Jumat.

Para shahabat Rasulullah pun seperti diriwayatkan Abi Said Al Khudri dan Abdullah bin ‘Umar, membiasakan membaca Al Kahfi setiap hari Jumat. Diriwayatkan oleh Al Hakim dan Baihaqi, Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa membaca Al Kahfi pada hari Jum’at, Allah akan memberinya cahaya sampai Jum’at berikutnya.”

  1. Makna “Al Kahfi”

Al Kahfi artinya “Goa” yakni tempat berlindung dari sinar matahari dan gangguan binatang buas. Para Ulama menelisik hikmah dari sebab dinamakan dengan Al Kahfi, diantaranya; surat ini melindungi pembacanya dari 4 fitnah/ujian yang dijabarkan di bentangan ayat-ayatnya.

Pertama, ujian keimanan (kisah pemuda penghuni goa) lalu ujian harta (kisah pemilik kebun) ketiga, ujian ilmu (kisah Musa bertemu Khidir) dan keempat, ujian kekuasaan (kisah Dzulqarnain) yang kesemuanya ada dalam kandungan Al Kahfi.

  1. Apa Hikmah Disunnahkan Membaca Al Kahfi di Hari Jumat?

Hari Jum’at dalam banyak riwayat, adalah hari dimana akan terjadi Kiamat Kubra. Surat Al Kahfi sendiri juga mengisahkan tanda-tanda Kiamat seperti runtuhnya dinding yang menahan Yajuj dan Ma’juj. Dalam Al Kahfi inilah, Allah memberi kita sinyal untuk selalu siaga dan bersiap untuk terus berlindung dari fitnah terbesar sebelum tiba Kiamat; sang Dajjal.

  1. Apa Hubungan Antara Al Kahfi dan Selamatnya Kita dari Fitnah Dajjal?

Qadhi Iyadh, Imam Al Qurthubi dan Imam Al Minawi menyimpulkan; siapa saja yang memahami makna ayat-ayat Al Kahfi, akan dapat menemukan cara untuk selamat dari fitnah Dajjal. Allah ﷻ juga secara khusus memberikan perlindungan-Nya pada kaum beriman yang membaca dan menghafalkan surat Al Kahfi dari fitnah paling kelam sepanjang sejarah manusia; Dajjal.

Di surat ini pulalah, terdapat 4 ujian yang dengannya Dajjal akan banyak menyesatkan manusia; fitnah keimanan, harta, ilmu dan kekuasaan. Keempatnya dirangkum secara terang dalam Al Kahfi.

About admin

Check Also

lightning and tornado hitting village

Saat Kemarau, Hujan, dan Badai

Dari Anas bin Malik, beliau menceritakan: Ada seorang laki-laki memasuki masjid pada hari Jum’at melalui …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *