Home / berita / Tetap Menjaga Mutu di Masa Pandemi

Tetap Menjaga Mutu di Masa Pandemi

Kepala Sekolah SDIT Wahdah Islamiyah 01, Ust. Drs. Jasman Ali Nur menjadi pemateri di acara Pelatihan Penjaminan Mutu Sekolah yang dilaksanakan oleh Departemen Pendidikan DPP Wahdah Islamiyah. Sabtu, 7 Agustus 2021 melalui aplikasi Zoom meeting, diikuti 100an lebih peserta yang berasal dari berbagai sekolah di Indonesia dalam lingkup Wahdah Islamiyah.

Ustadz Jasman mengatakan, dalam peningkatan mutu di masa pandemi ini harus dimulai dari perekrutan guru yang sesuai di zaman ini, aplikasi yang tepat untuk digunakan, dan evaluasi yang terus bisa dilaksanakan. Dalam pelatihan ini Ustadz langsung memperlihatkan trik, dan hal apa saja yang telah dilakukan di SDIT Wahdah Islamiyah 01 di bawah kepemimpinannya.

Beliau membeberkan agar guru tetap berkualitas dalam mengajar maka diperlukan pengontrolan. Kemudian, katanya perlu membangun komunikasi yang baik dengan orang tua.

Namun semua itu, katanya yang terpenting adalah guru di SD Wahdah wajib mengikuti program tarbiyah, sebuah program belajar islam intensif Wahdah Islamiyah. “Tarbiyah bagi kita adalah masyaAllah bagi kita, dalam 7 aspek yang kita depankan adalah tarbiyah, yang menjadi ruh dari perjuangan kita di Wahdah Islamiyah”, kata Ustadz Jasman.

Tujuan pelatihan ini ingin memaksimalkan teknik-teknik, seorang guru mampu meningkatkan pembelajaran, walaupun online namun bisa terasa offline. Salah satu hal yang perlu untuk meningkatkan Mutu Pendidikan adalah peningkatan mutu-mutu guru, yang di dalamnya adalah Kepala Sekolah, kata Ketua Departemen Pendidikan Ustadz Darmi, S.Pd, M.Pd. dalam pembukaan acara. Termasuk dalamnya review mengevaluasi proses pembelajarannya, sambung Ustadz Darmi. “Seorang kepala sekolah berupaya maskimalkan mungkin untuk meningkatkan kualitas dalam meningkatkan proses pelayanan anak-anak kita dalam proses pembelajaran”, kata Ustadz Darmi.

Mutu baru bisa dilihat setelah anak telah jadi alumni, kata ustadz Ir. Nursalam Siradjuddin, pimpinan DPP Wahdah Islamiyah, yang membuka acara. “Kita sangat berharap, ustadz dan ustadzah betul-betul terbangun namanya budaya mutu,dan itu mulai dari kita semua, mulai dengan anak-anak mulai masuk, ketika menerima pembelajaran, ketika proses pembelajaran, dan akhirnya di proses evaluasi,” harap Ustadz Nursalam.

Dipelatihan ini, Ustadz Jasman juga memberikan kesempatan kepada TIMnya, untuk menyampaikan hal yang telah dilakukan di SDIT Wahdah Islamiyah 01 kepada peserta. Seperti memperlihatkan aplikasi google suite for education yang digunakan, dan memperlihatkan kurikulum yang menyesuaikan masa pandemi seperti arahan kemdikbud.

About admin

Check Also

Pelepasan kelas 6: Penuh Cinta Dari Rumah

Pelepasan Alumni yang kesepuluh (Alumni X) SDIT Wahdah Islamiyah 01 dilaksanakan di sekolah dan rumah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *