Home / berita / Syahrul Haq, Sang Ibu Tidak Sangka Juara di Equestrian Exibition 2022

Syahrul Haq, Sang Ibu Tidak Sangka Juara di Equestrian Exibition 2022

Equestrian adalah nama lain dari olaharaga berkuda. Salah satu olahraga berbahaya karena membutuhkan kekuatan fisik seperti menjaga keseimbangan dan koordinasi membuat tidak sembarangan orang yang menggelutinya. Namun olahraga sunnah tersebut diikuti salah salah satu siswa SDIT Wahdah Islamiyah 01. Syahrul Haq, siswa yang masih duduk di kelas 5 ikut Equestrian Exibition 2022. Kegiatan dengan medan lomba sangat berbahaya itu digelar di Kabupaten Maros, tanggal 5 dan 6 November 2022.

Menurut Ibunda (Ummi) Arul, sapaan akrab Syahrul, baru kali ini anaknya ikut kompetisi. Sang anak hanya sering ikut Ayahnya (Abah) merawat kuda yang ada di Kampus Stiba Makassar. “Modalnya cuma latihan berlari dan mengendarai kuda yang selama ini rutin dilakukan di Stiba. Kuda yang ditunggangi sehari-sehari pun beda,” tutur Ummi Arul.

Ikut lombapun tidak disiapkan sebelumnya, karena di turnamen ini, Arul hanya berniat jadi asisten panitia, membantu Abah di lapangan. Tapi karena ada peserta yang batal bertanding, untuk memenuhi porsi kompetisi akhirnya Arul diikutkan sebagai peserta. “Padahal kemarin itu, dia ikut ke event bukan untuk jadi peserta. Tapi jadi asisten tim panitia membantu abanya di lapangan. Tapi karena peserta dari Sidrap tidak ikut, maka dia yang dimasukkan sebagai peserta,” cerita Ummi Arul.

Arulpun jadi peserta tanpa sebelumnya latihan. Kemampuan jumping dan adaptasi dengan kuda yang biasanya dilakukan seorang atlet berkuda tidak sempat dilakukan. Dengan menunggungi kuda berwatak liar dan rewa (pemberani) akhirnya bisa Arul taklukkan. Dengan modal hanya sering menonton dan bisa menunggangi kuda di Stiba itupun akhirnya Arul meraih juara dua di katergori trot jumping 35 cm dengan 6 rintangan.

Tim pelatih telah melihat bakat Arul yang luar biasa. MasyaAllah, hingga mereka fix memutuskan agar Arul harus dilatih secara intensif. Rencananya Arul bakal dipersiapkan jadi atlet berkuda profesional yang insyaAllah 4 tahun ke depan dapat dikutkan di PON nanti mewakili provinsi Sulawesi Selatan.


“Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” (H.R. Sahih Bukhari dan Muslim). Arul jadi atlet Berkuda yang membanggakan Indonesia, InsyaAllah pasti bisa. Mohon doanya semua, teman-teman, ustaz dan ustadzah.

Arul bersama Abah

About admin

Check Also

JUM’AT BERKAH PUSTAKAWAN MEMBERIKAN HADIAH KEPADA PESERTA TERBAIK LOMBA

Pustakawan Zaid bin Tsabit memberikan hadiah kepada peserta terbaik dalam lomba menggambar dengan judul Perpustakaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *