Home / artikel / Semua Berawal dari Mimpi

Semua Berawal dari Mimpi

Dalam hidup, terkadang untuk mencapai suatu cita-cita, tak semudah membalikkan telapak tangan.

Membutuhkan sebuah proses yang mesti di lalui. Tanpa proses, beras pun tak akan menjadi nasi. Cita-cita yang tinggi adalah suatu impian untuk meraih tujuan terbaik bagi setiap orang dalam menjalankan hidupnya.

Cita-cita adalah harapan, keinginan, dan tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Menjadi salah satu unsur dalam sudut pandang hidup seseorang. Diwujudkan dari berbagai usaha untuk meraih suatu keinginan tersebut.

Istilah mimpi di siang bolong merupakan suatu istilah yang sering diucapkan oleh orang-orang yang malas bekerja dan tak ingin berusaha.

Jika seandainya orang dahulu yang hidup pada zaman batu, ditanya oleh orang zaman sekarang tentang pesawat dan komunikasi. Boleh jadi mereka tidak akan percaya masalah kecanggihan tersebut disebabkan kurangnya ilmu pengetahuan yang mereka ketahui.

Tak ada impian yang tak dapat diraih, sekalipun meminang Bidadari di surga nanti, InsyaaAllah. Sepanjang hamba tersebut taat dan patuh terhadap perintah Sang Khalik.

Kecuali orang tersebut tak memiliki keinginan untuk mencapai suatu impian tersebut. Orang yang tidak memiliki cita-cita, bagaikan orang yang lemah. Mudah pesimis dan putus asa. Layaknya orang yang kehilangan akal sehatnya.

Sebagai seorang muslim, kita dituntut untuk menegakkan cita-cita para Nabi dan Rasul Allah Subhanahu wa ta’ala, yaitu melalui jalan menuntut ilmu atau disebut juga dengan jihad.

Jihad bukan hanya istilah yang digunakan pada saat peperangan. Akan tetapi, jihad yg dimaksud adalah menuntut ilmu yang syar’i. Memperdalam pemahaman kita tentang Islam.

Diriwayatkan Ibnu Majah, dan dishahihkan oleh Syaikh Albani, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap individu muslim.”

Dengan terlaksananya kewajiban kita, maka cita-cita tersebut dapat tercapai. Bahkan dapat menghidupkan kesejukan akan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis: Andi Anhar, S.Pd.I

Kepala Perpustakaan SDIT Wahdah Islamiyah 01

About GZ

Check Also

rocky formations with plants near river

Kenapa Engkau Ingin Hidup?

Sesungguhnya tujuan dari hidup ini bukan hanya sekedar makan dan minum saja. Jika hanya untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *