Home / berita / SDIT Wahdah Islamiyah 01 Dapat Coaching Manajemen dari KPI

SDIT Wahdah Islamiyah 01 Dapat Coaching Manajemen dari KPI

Menghadapi tahun ajaran 2019/2020, SDIT Wahdah Islamiyah 01 bertekad untuk meningkatkan kualitas dan profesional. Bertepatan dengan hari Senin, 1 Juli 2019, bekerjasama dengan Kualita Pendidikan Indonesia (KPI), SDIT Wahdah Islamiyah 01 dengan dukungan Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah (YPWI) mengadakan Coaching Management di Gedung milik SDIT Wahdah Islamiyah 01, Jl Raya Baruga No.12 B. 

Kegiatan yang telaksana ke dua kalinya ini dilaksanakan selama tiga hari dengan 30 peserta dari Ustadz dan Ustadzah. Mereka yang ikut coaching ini adalah yang bertanggung jawab dan diberi amanah untuk membantu Kepala Sekolah mengatur dan terlibat langsung dalam pengelolaan manajemen sekolah yang ditunjuk oleh YPWI sebagai sekolah model untuk seluruh sekolah Wahdah Islamiyah di seluruh Indonesia.

 

Direktur Eksekutif di Kualita Pendidikan Indonesia, Misbakhul Munir memulai coaching dengan materi suplemen pembangkit semangat dan kesadaran peserta tentang pentingnya Manajemen yang baik dalam pengelolaan sekolah. “Manajemen adalah proses yang terencana, terorganisasi, terarah, terkendali dan terpimpin untuk mencapai kualitas secara efektif dan efisien,” kata Pak Misbah yang sementara menyelesaikan kuliahnya di Universitas Airlangga ini.  Olehnya itu dibutuhkan harus dimiliki agar proses ini dapat tercapai, yaitu, Goodwill dalam hal ini Yayasan, Leadership, Teamwork, dan Continuous improvement, lanjutnya dengan penuh semangat. 

Menemani Ustadz Misbakhul Munir dari KPI lainnya, Ustadz Bahtiar Fahrudin, S.Si, M.Pd kemudian menjelaskan hal yang harus diperhatikan dalam kegiatan coaching ini. Kepala Sekolah SMP Islam Bunga Bangsa ini kemudian menjelaskan bahwa mereka kembali melanjutkan Coaching yang telah dilakukan Desember tahun lalu, kini mereka datang melihat rencana tindak lanjut (RTL) itu.

Dalam coaching manajemen 2 ini, ada beberapa yang harus dilaporkan pihak sekolah kepada kedua Coach KPI  diantaranya Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, standar Kelulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pembiayaan, Standar Kesiswaan, Budaya Sekolah, Manajemen Mutu, Manajemen Humas, dan Humas.  Secara begantian, ustadz dan Ustadzah yang bertanggung jawab di setiap bagian standar menjawab dan memperlihatkan dokumen yang diminta Coach.

Di hari terakhir, melalui website sekolahmodel.id Ustadz Misbah kemudian memperlihatkan grafik peningkatan yang kini dimiliki SDIT Wahdah Islamiyah 01. Mereka berdua berharap agar kualitas SD Wahdah dapat ditingkatkan lebih baik lagi.

About admin

Check Also

Penerimaan Hadiah Futsal YPWI-Cup

Alhamdulillah, penyerahan hadiah YPWI Cup tahun 2019/2020 yang dilaksanakan sebelum pandemi covid – 19 pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *