Home / artikel / Jadikan Ramadhanmu Sepanjang Masa

Jadikan Ramadhanmu Sepanjang Masa

Oleh : Ustadz Ir. Muhammad Taufan Jafri, Lc. M. H. I hafiidzahullah

Dua hal agar ramadhanmu menjadi sepanjang masa, yakni :

Pertama:
“Mentadabburi Ramadhan sebagai Bulan Madrasah/Madaaris yakni madrasah al quran, madrasah shalat, madrasah infaq/sedekah, madrasah menjadikan seorang hamba penyantun dan penyayang. Madrasah sabar, madrasah memelihara rasa malu dan kehormatan, dan madrasah rabbaniyah.

Seorang yang menjadikan ramadhannya sebagai madrasah adalah mereka yg menjadikan hari-hari dalam bulan ramadhannya untuk menghambakan dirinya kepada Allah. Seluruh hari dalam ramadhan adalah untuk beribadah. Tiada ingin melewatkan satu amalanpun di dalam bulan yang mulia ini. Sebab bulan Ramadhan adalah bulan petunjuk, pengampunan, hidayah dan ma’rifah dr Allah. Madrasah yang kurikulumnya adalah al Quran. Dan alumni-alumninya adalah mereka orang orang yang bertaqwa.

Ketika ia telah benar-benar menjadikan ramadhan sebagai bulan madrasah/tempat belajar dengan landasan ketaqwaan, maka ia akan lahir menjadi manusia-manusia yang seluruh hari-harinya, bulan-bulannya adalah ibadah sepanjang waktu. Ibadah seoanjang zaman. Ia dianugerahkan keistiqamahn oleh Allah untuk bertahan dlm ibadahnya. Ia lahir sebagai hamba Rabbani (Hamba Allah), bukan hamba Ramdhaniyyah (Hamba sebatas ramadhan).

Seorang shalih pernah ditanya, Bisyr al Kaafi “Duhai, ada di antara manusia yang hanya beribadah di bulan Ramadhan, tetapi ketika selesai bulan Ramadhan, ia meninggalkan ibadahnya”. Maka Beliau berkata, “Seburuk-buruk kaum adalah mereka yang mengrnal Allah hanya di bulan Ramadhan”.

Seorang salaf berkata “Di sana ada umat, di mana mereka tidak berubah sedikit pun ibadahnya. Ibadah mereka di bulan Ramadhan, adalah ibadah mereka sebelum mereka masuk di bulan Ramadhan, demikian pula ibadah mereka setelah Ramadhan”.

Mereka sepanjang bulan istiqamah ibadahnya.

Maka seorang hamba yang menyadari hakikat dunia, ia tidak akan melewatkan sedikitpun waktunya, kecuali dengan ibadah kepada Allah sepanjang masa.

???

Kedua :
“Mentadabburi Ramadhan sebagai Bulan Tazkiyatunnafs

Bulan kita mensucikan diri kita dari segala kotoran-kotoran karena dosa-dosa kita kepada Allah. Bulan kita bertaubat. Bulan Allah mengampuni dosa-dosa hamba-Nya.

Firman Allah : “Bertaubatlah kalian, supaya kalian beruntung”

Laksana petani. Mereka membersihkan tanahnya, menggemburkan tanahnya, menyuburkan tanahnya untuk ia tanami dan ia tuai buahnya kelak.
Demikian pula kita, kita bersihkan hati kita, suburkan hati kita, sucikan hati kita, agar ia menjadi hati yang siap ditanami dengan amalan-amalan kebaikan untuk kita tuai nanti di akhirat.

Ramadhan adalah bulan tazkiyah/penyucian. Bulan di mana seluruh pintu syurga dibuka (berdoalah kepada Allah agar dimasukkan ke dalamnya), pintu-pintu neraka ditutup, syaithan yg pembangkang di belenggu/diikat.

Wahai yang merindukan kebaikan dlm dirinya, sambutlah bulan mulia ini.
Wahai kalian yang senantiasa bermaksiat, berhentilah”.

Seorang hamba perlu membersihkan jiwanya, sebab sempit lnya hati mereka karena dosa-dosa. Agar hati menjadi lapang yang dengan kelapangannya hati akan senantiasa merasa rindu kepada Allah. Merasa rindu kepada Rabbnya. Merasa rindu beribadah kepada Rabbnya.

Di antara tanda diterimanya ibadah :

  1. Ketika ia bermaksiat, ia bertekad untuk tidak mengulanginya. Selama ramadhan, ia bertaubat, dan ketika keluar dr bulan Ramadhan ia istqamah dalam kebaikannya.
  2. Bertambah ketaatannya kepada Allah.
    Selama Ramadhan ia menghidupkan amalannya. Menghidupkan amalan wajib dan sunnahnya, maka ketika ia keluar dari bukan Ramadhan ia tetap istiqamah dengan ibadahnya.
  3. Ketika ia sabar, kokoh, kuat dan istiqamah dalam kebaikan dan meninggalkan keburukannya karena Allah semata.

Semoga Allah mempertemukan kita dengan ramadhan dalam keimanan, ketaqwaan. Diberi kekuatan dan kesehatan untuk beribadah.

Allaahumma Ballighnaa fii Ramadhan
“Ya Allah pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan”

Penataran Seputar Ramadhan 1441 H

About admin

Check Also

rocky formations with plants near river

Kenapa Engkau Ingin Hidup?

Sesungguhnya tujuan dari hidup ini bukan hanya sekedar makan dan minum saja. Jika hanya untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *