Home / artikel / Fokuskan Tujuan Anda

Fokuskan Tujuan Anda

Di dalam buku 100 Ideas for Secondary Teachers: Engaging Learners yang ditulis oleh Jon Tait, disebutkan hal menarik terkait tujuan pembelajaran. Sebuah konsep yang menggabungkan teori Bloom sebagai tokoh terkenal dalam pembelajaran berbasis HOTS dan Zoë Elder yang merupakan Direktur Pendidikan Clevedon Learning Trust.

Menurut Jon Tait, terdapatnya kekeliruan guru dalam menuliskan tujuan pembelajaran. Sebaiknya dalam menuliskan tujuan pembelajaran, jangan sekadar mencantumkan Taksonomi Bloom.

“Memang baik jika Anda memikirkan bagaimana cara meningkatkan pengetahuan siswa dengan Higher Order Thingking Skills (HOTS). Namun, akan membuang waktu jika Anda sekadar memberi tahu siswa Anda bahwa mereka akan menyintesis (baca: melakukan pembelajaran berpikir tingkat tinggi) sesuatu”, ujar Jon Tait.

Tak hanya itu, Jon Tait memberikan solusi terkait hal ini. Beliau berkata, “Sebaliknya, gunakan metode yang dinamai Zoë Elder sebagai metode ‘Sehingga’. Tulis tujuan pembelajaran Anda dengan kata-kata sederhana yang dengan mudah dipahami siswa, diikuti pernyataan ‘sehingga…’, lanjutkan dengan alasan kelas Anda melakukan apa yang mereka lakukan hari itu. Singkatnya, jika Anda tidak tahu apa yang perlu ditulis setelah kata ‘sehingga’, maka Anda perlu memikirkan ulang alasan Anda mengajarkan materi itu.”

Oleh karena itu, untuk mengaplikasikan kedua teori tersebut secara bersamaan. Tak hanya menuliskan tujuan pembelajaran di papan tulis. Perlu di desain secara kontekstual. Siswa perlu diajak berpendapat terkait apa yang mereka pelajari hari ini. Serta mengapa mereka melakukan kegiatan pembelajaran tersebut.

Jika siswa tidak bisa menjawab, terdapat indikator besar tujuan pembelajaran yang diberikan, tidak memiliki dampak pembelajaran kepada siswa.

Jadi, terkadang seorang guru harus melihat tujuan akhir untuk melihat hal-hal yang lebih detail. [GZ]

Sumber gambar: https://iphincow.com/tag/fokus/

About GZ

Check Also

lightning and tornado hitting village

Saat Kemarau, Hujan, dan Badai

Dari Anas bin Malik, beliau menceritakan: Ada seorang laki-laki memasuki masjid pada hari Jum’at melalui …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *