Home / artikel / Arsitek Peradaban yang Didambakan

Arsitek Peradaban yang Didambakan

Orangtua adalah arsitek pendidikan bagi anak- anaknya. Di tangan merekalah akan terbangun peradaban yang didambakan. Di tangan merekalah anak- anak akan terbentuk pola pikir dan kesiapan menghadapi kehidupan. Mereka yang akan membentuk putra putrinya sesuai kehendak dan keinginan hati. Lebih penting lagi daripada itu, orangtualah yang akan membentuk akhalak dan agama anak- anaknya.

Rasulullah Shallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda;

كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِه أو يمجسانه

Artinya: “Setiap manusia yang lahir, mereka lahir dalam keadaan fitrah. Orang tuanya lah yang menjadikannya Yahudi atau Nasrani atau Majusi” (HR. Bukhari Muslim)

Anak cucu Adam sesungguhnya terlahir dalam keadaan fitrah (khilqah) yaitu keadaan asal ketika seorang manusia diciptakan oleh Allah Subhana wa Ta’ala (Lisaanul Arab 5/56). Dan ketahuilah yang dimaksud dengan fitrah dalam hal ini adalah Islam.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin berkata: “Islam adalah agama yang fitrah yang pasti akan diterima oleh semua orang yang memiliki fitrah yang salimah”. Artinya orang yang memiliki jiwa yang bersih sebagaimana ketika ia diciptakan pasti akan menerima ajaran-ajaran Islam dengan lapang dada.

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلامُ

Artinya: “Sesungguhnya agama (yang diridai) di sisi Allah hanyalah Islam” (QS. Ali Imran: 19)

وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Artinya: “Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi” (QS. Ali Imran: 85)

Wahai para arsitektur pendidikan, tanggungjawab yang begitu berat ada di atas pundak- pundakmu. Kokohkanlah ia hingga mampu mengembang amanah itu. Sketsamu hari ini akan mengantarkan putra putrimu menjadi aset yang sangat menguntungkan dunia akhiratmu. Buatlah kurikulum intrn istanamu, pilihkan guru dan madrasah terbaik buat anak-anakmu. Ciptakan lingkungan yang kondusif buat mereka berkembang sesuai dengan fitrahnya. Lahirkan generasimu menjadi insan Rabbani.

 

oleh Ustadz Nasaruddin, Lc, SH, S.Pd.I

Wakil Kepala Sekolah SDIT Wahdah Islamiyah 01

About admin

Check Also

lightning and tornado hitting village

Saat Kemarau, Hujan, dan Badai

Dari Anas bin Malik, beliau menceritakan: Ada seorang laki-laki memasuki masjid pada hari Jum’at melalui …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *