Home / artikel / Tips Belajar ala Ummu Yafiq
photo of a boy reading book
Photo by mentatdgt on Pexels.com

Tips Belajar ala Ummu Yafiq

Saat musim ujian dan ulangan sudah di depan mata tentunya bisa membuat pikiran menjadi bercampur aduk. Apalagi buat Ibu dengan segudang kegiatan di dalam dan di luar rumah, ditambah mengurus kegiatan belajar ananda di masa pandemi seperti sekarang ini.

Supaya tidak merasa terlalu khawatir sebaiknya perlu pahami dulu bagaimana cara belajar ananda yang cocok untuk mereka sehingga belajarnya bisa lebih efektif. Mengetahui cara belajar yang efektif, insyaAllah dapat membantu menghindari kepanikan dan frustasi ananda dan orang tua sebelum ujian.

Lantas, bagaimana sih cara belajar efektif yang perlu diterapkan agar bisa sukses saat ujian? Jika penasaran, yuk kita simak bocoran tips belajar dari Ummu Yafiq, Ibu yang punya dua anak laki-laki hebat. Mereka sekolah di SDIT Wahdah Islamiyah 01 ini adalah ananda A. YAFIQ YAHYA RUSJAYA yang sudah kelas lima dan A. FAYYADH RAMADHAN RUSJAYA yang masih duduk di kelas tiga.

Mengumpulkan Materi Ujian

Sebelum ujian berlangsung, nanda Yafiq mengumpulkan semua rangkuman pelajaran yang Ustadz & Ustadzah berikan. Setelah itu dipelajari sebelum Hari H ujian berlangsung. Biar tidak lupa, mereka ulang-ulang lagi.

Pas malam hari H ujiannya, subuhnya mereka pelajari kembali biar tidak ada terlewatkan materinya. “Setiap memulai ujian Ananda seperti ini dan yang terpenting tetap berdo’a kepada Allah Subahana Wata’ala agar supaya dimudahkan dalam ujiannya. Aamiin…,” kata Ummu Yafiq.

Sama juga yang Adiknya lakukan karena mereka berdua sama-sama belajar. Terkadang Yafiq kalau malam. Dia Video Call sama temannya buat saling mengingatkan materi ujian besok. Intinya belajar bersama 😁.

Nah, itu dia beberapa cara belajar efektif yang bisa kamu juga aplikasikan saat akan menghadapi ujian.

Ingat ya bahwa belajar yang efektif harus dilakukan secara teratur dan tidak mepet waktu ujian.

Jadi, sebaiknya kamu mulai belajar dari jauh hari sebelum waktu ujian dan memiliki kemauan belajar yang tinggi. Ingat yah kata Ummu Yafiq, yang terpenting adalah berdoa kepada Allah Subahanahu Wata’ala.

About admin

Check Also

lightning and tornado hitting village

Saat Kemarau, Hujan, dan Badai

Dari Anas bin Malik, beliau menceritakan: Ada seorang laki-laki memasuki masjid pada hari Jum’at melalui …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *