Home / Covid-19 / Peran Orang Tua Saat Anak Belajar di Rumah

Peran Orang Tua Saat Anak Belajar di Rumah

 Saat ini di Indonesia telah mewabah virus Covid -19 atau biasa disebut virus Corona.Virus yang bisa mematikan manusia jika kita tidak memutus mata rantai penyebarannya. Salah satu bentuk pemutusan mata rantai dalam dunia pendidikan adalah Daring (Pembelajaran melalui jaringan) yang dimana maksudnya siswa dan pengajar melakukan proses belajar mengajar melalui online dari rumah masing-masing (Homeschooling).

Selama Homeschooling diadakan anak dan orang tua harus bekerja sama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh para pengajar. Orangtua berperan sebagai guru di rumah tapi tak bisa sesabar guru di sekolah. Ini bagus karena kita sebagai orangtua bisa melihat langsung perkembangan anak kita.

Tapi di sisi lain, bagi orangtua yang mungkin bekerja kantoran yang diwajibkan masuk kerja tiap hari mungkin agak kewalahan. Dikarenakan tidak bisa mengontrol anak-anak di rumah selama jam kantor yang mungkin dititipkan kepada neneknya. Jadi tugas baru bisa dikerjakan jika para orangtua tiba di rumah. Disinilah perdebatan kadang terjadi dimana orangtua sudah capek dan si anak kadang tidak mau kompromi dengan keadaan.Tapi kami orangtua sangat senang menjalani peran ini, walaupun agak rempong.

Saya hanya bisa berkata sungguh mulia tugas seorang guru, yang mau dengan sabar mendidik anak-anak kami. Syukron Ustadz dan Ustadzah atas bimbingannya kepada anak-anak kami.

Wassalamuā€™alaikum Warahmatullahi wabarakatuh

By Ummi Hafiz

About admin

Check Also

Pembelajaran Digital, Why Not?

Hakikatnya pembelajaran digital bukan hal yang baru dalam dunia pendidikan. Sistem pembelajaran ini sudah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *