Home / artikel / Khutbah Terpendek Dalam Sejarah
selective focus photography of microphone
Photo by Pixabay on Pexels.com

Khutbah Terpendek Dalam Sejarah

Khutbah dalam pelaksanaan sholat jumat merupakan  rukun yang wajib dilakukan saat melakukan sholat jumat. Sholat jumat merupakan salah satu kewajiban bagi kaum muslim laki-laki, mengerjakannya hukumnya wajib atau fardu’ain.

Pelaksanaan ibadah sholat jumat dilakukan pada hari jumat memasuki waktu dzuhur. Ketika seseorang laki-laki sudah melaksanakan sholat jumat maka kewajiban sholat dzuhurnya telah gugur.

Salah satu syarat sah pelaksanaan sholat jumat yaitu didahului dengan dua khutbah yang dilakukan sebelum sholat jumat.

Khutbah jumat ini diadakan sebanyak dua kali yaitu khutbah pertama dan khutbah kedua yang dipisah dengan duduk oleh khotib.

Salah satu khutbah terpendek dalam sejarah pernah disampaikan. Isi Khutbah terpendek tersebut disampaikan oleh Al Ashma’i di hadapan jama’ah orang-orang badui, “Sungguh dunia ini negeri ujian. Akhirat adalah negeri pembalasan. Maka bersabarlah atas ujian kalian demi balasan terbaik. Jangan kalian buka ‘hijab’ aib kalian pada mereka yang tak bisa menjaga rahasia kalian. Berangkatkan ruh kalian menuju Allah sebelum Allah sendiri yang memaksanya keluar dari badan. Sebab itulah tujuan kalian hidup. Aku akhiri khutbahku dan ku mohonkan ampun buatku dan buatmu.”
.
Khutbah tersebut tertulis dalam Kitab Al Mujalasah wa Jawahir Al ‘Ilm karya Ad Dainuri.

Nah, bagaimana anak sholeh? Kalau khutbahnya pendek begini, apa masih mau sering lambat-lambat ke masjid saat shalat jum’at? Jangan-jangan orang-orang pada balik baru sampai di masjid. Yuk bergegas agar pahala diraih sempurna dengan mendengar khutbah terlebih dahulu. []

About admin

Check Also

rocky formations with plants near river

Kenapa Engkau Ingin Hidup?

Sesungguhnya tujuan dari hidup ini bukan hanya sekedar makan dan minum saja. Jika hanya untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *