Home / berita / Guru SD Wahdah Ikut Pelatihan Ice Breaking

Guru SD Wahdah Ikut Pelatihan Ice Breaking

60 guru SDIT Wahdah Islamiyah 01, Ustadz dan Ustadzah mengikuti pelatihan Ice Breaking yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan DPP Wahdah. Pelatihan yang dinanti nanti ini bertempat di Aula Hasanuddin, Lan Antang di hari Sabtu (2/2).

Kusumo Suryoharjuno, yang menjadi pemateri  pemateri di acara ini adalah penulis buku 100+ Ice Breaker Penyemangat Belajar. Beliau menyampaikan materinya dengan atraktif. Dalam bukunya dijelaskan bahwa Ice Breaker adalah peralihan situasi dari yang membosankan, membuat mengantuk, menjenuhkan, dan tegang menjadi rileks, bersemangat, tidak membuat mengantuk, serta ada perhatian dan rasa senang untuk mendengarkan atau melihat orang yang berbicara di depan kelas atau ruangan pertemuan.

Penggunaan Ice breaker ketika mengajar mampu membuat kelas menjadi lebih hidup, Kak Kusumo panggilan akrab pemateri memberi rumus CG+CP = SB P, artinya jika siswa Cinta Guru Olus Cinta Pelajaran maka akan Semangat Belajar, semangat belajar akan mengantarkan sukses meraih Prestasi. “Ice breaking disesuaikan dengan umur murid, caranya 1 banding satu. Maksudnya, 1 tahun sama dengan 1 menit, jadi jika umur SD 7-12 tahun maka ice breaking diberikan setiap 10-15 menit,” kata Kak Kusumo.

About admin

Check Also

Yayasan Pondok Pesantren Wahdah Islamiyah Pusat Gelar Workshop Guru Berkarya Menulis Buku

Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah mengadakan kegiatan literasi untuk para guru-gurunya, dengan tema “Gerakan Literasi Guru …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *