Home / berita / Baksos Ramadhan 1440 H, POM Rangkaikan Buka Puasa Bersama

Baksos Ramadhan 1440 H, POM Rangkaikan Buka Puasa Bersama

 

Persatuan Orang Tua Murid (POM) SDIT Wahdah Islamiyah 01 mengadakan Bakti Sosial (Baksos) Ramadhan tahun 1440 H di Lapangan Olahraga SDIT Wahdah Islamiyah 01. Baksos dirangkaikan dengan buka puasa bersama dan penyaluran Al Qur’an (24/5).

Kepala sekolah, Drs. Jasman Ali Nur berharap acara baksos ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan. “Berharap acara seperti ini dapat dipertahankan dan dirutinkan yang diterima oleh masyarakat sekitar. Berharap tahun depan, setiap tahun ada,” harap Ustadz Jasman saat pembukaan acara.

Acara yang diikuti warga sekitar sekolah, anak yatim dari panti asuhan Rabbani, pengurus, orang tua murid, dan guru ini berlangsung penuh keakraban dan silaturahim. Setelah pembagian paket sembako kepada warga dan panti asuhan, hadirin yang hadir kemudian mendapat taujihat oleh Ustadz Mursyidul Haq, Lc, oramg tua murid yang juga dosen STIBA Makassar.

Ustadz Mursyid dalam ceramahnya mengajak jamaahagar tidak menyelepekan acara seperti ini, acara yang mengajak masyarakat dan orang tua berbuat baik, apalagi di bulan Ramadhan.
Katanya, Baksos, bakti sosial atau dalam bahasa syar’inya adalah sedekah. “Sedekah ciri khas agama ini, dibuktikan dalam rukun islamnya. Zakat meski beda dengan sedekah namun fungsinya hampir sama,” kata Ustadz. Islam memaksa kita untuk melakukan hal ini, untuk memberi. Yang dibanggakan, sangat urgent dan penting, lanjutnya.

Ustadz Mursyid kemudian menyampaikan bahwa amalan yang khusus di bulan ramadhan, yang disikapi khusus oleh Allah dan rasulnya, yaitu:
1. Zakat Fitrah.
2. Kedermawanan saat memasuki bulan Ramadhan, dan ditingkatkan, sehingga Rasulullah serius dalam hal sedekah ini. Kenyataan di zaman ini tiba-tiba banyak yang jadi pedagang di bulan ramadhan, ramadhan bukan tempat untuk mengumpulkan harta tapi untuk berbagi harta, kata Ustadz alumni LIPIA ini. 

Ustadz kemudian melanjutkan tentang keutamaan sedekah. “Jika memiliki kekhususan maka hal ini memiliki keutamaan,” kata Ustadz
Keutamaan anatara lain:
1. Sedekah melindungi dari api neraka
2. Tidak akan berkurang harta orang yang bersedekah
3. Terhindar dari kebangkrutan
4. Didoakan malaikat
5. Dapat ditimpa azab jika tidak bersedekah

Setelah itu, mendekati waktu berbuka puasa, Ustadz menyampaikan tata cara bersedekah.
Diantaranya :
1. Tulus dengan bersedekah
2. Bersedekah tidak seperti memberi makan hewan peliharaan.
3. Jika diberi maka do’akan orang yang bersedekah.

Ketua POM, Ibu Julmiaty, S.Pt. mewakili pengurus POM menyampaikan terima kepada donatur pada acara ini melalui pesan teks.

“Jazakumullahu khairon atas kehadiran orang tua murid/Ustad/Ustadzah/Karyawan/Tetangga Sekolah dan Anak2 Panti Asuhan Robbani dalam buka puasa POM SD IT Wahdah Islamiyah 01 Makassar.

Mohon Maaf yang sebesar-besarnya bila dalam pelaksanaan buka puasa tadi masih banyak kekurangan. Insyaallah akan menjadi pembelajaran untuk event yg sama agar buka puasa berikutnya akan jauh lebih baik lagi…

Jazakumullahu khairon dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para donatur kegiatan ini. Tanpa sumbangsih donatur, kegiatan ini tidak akan berjalan lancar.
Semoga Allah membalas kebaikan ta’ semuanya dengan pahala yang berlipat ganda. Aamiin.. “

About admin

Check Also

photo of black microphone

Pengumuman Tes Kenaikan Jilid WAFA Periode Juni

Alhamdulillah dari 196 murid, 112 murid putra 84 murid putri yang mengikuti Tes Kenaikan Jilid …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *